Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, saat meresmikan Lumbung Pangan Jatim di Gedung Jatim Expo Surabaya. (Foto: Alief Sambogo/Ngopibareng.id)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, saat meresmikan Lumbung Pangan Jatim di Gedung Jatim Expo Surabaya. (Foto: Alief Sambogo/Ngopibareng.id)

Belanja di Lumbung Pangan Jatim Bisa Drive Thru

Ngopibareng.id Ekonomi dan Bisnis 22 April 2020 15:11 WIB

Pemerintah Provinsi Jawa Timur sudah menyiapkan sentra logistik, untuk memenuhi kebutuhan komoditi masyarakat Jawa Timur selama pandemi Covid-19. Sentra Logistik yang dinamai Lumbung Pangan Jatim tersebut ditempatkan di Gedung Serbaguna Jatim Expo Surabaya.

Uniknya, masyarakat tak hanya bisa melakukan pembelian secara konvensional dengan datang di tempat, namun juga bisa memesan via online di website lumbungpanganjatim.com. Bahkan masyarakarat juga bisa melakukan drive-thru untuk membeli bahan-bahan pokok.

Sistem drive-thru untuk pembelian bahan pokok itu merupakan satu-satunya di Indonesia. Hal itu diungkapkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Karena biasanya, sistem drive-thru dilakukan atau diterapkan untuk pembelian makanan di restoran cepat saji.

"Insya Allah teman-teman, kita sudah siap sistemnya. Berdasarkan laporan tim dari beberapa kali rapat sistem, ini mungkin barangkali baru pertama di Indonesia adalah pre-order dengan drive-thru," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Rabu 22 April 2020.

Menurut Khofifah, sistem drive-thru ini akan memudahkan masyarakat dalam melakukan pemesanan, utamanya saat memasuki bulan ramadhan. Sehingga masyarakat tak perlu membuang waktu terlalu lama untuk mengantri.

"Kalau besok sudah masuk Ramadhan barangkali ada yang bawa mobil pesan apa, item tertentu begitu, mereka sudah pre-order sehingga jika melewati Jatim Expo tinggal ambil barang. Mereka bisa ambil pada jam tertentu, yang mereka sudah janjian dengan petugas yang ada di Jatim Expo," katanya.

Seperti diketahui, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, secara resmi meresmikan sentra logistik pangan Jawa Timur selama pandemi covid-19, yang dinamai Lumbung Pangan Jatim, Selasa 21 April 2020 di Gedung Serbaguna Jatim Expo.

Dengan diresmikannya program Lumbung Pangan Jatim, Khofifah berharap program tersebut bisa menjadi tempat masyarakat Jatim mengakses kebutuhan bahan pokok, dengan harga yang lebih murah daripada harga di pasar.

"Kami siapkan ini semua untuk masyarakat. Sehingga mereka tidak khawatir, akan kehabisan bahan-bahan pokok selama pandemi ini," kata Khofifah.

Di lumbung pangan jatim, yang dikelola oleh PT. PWU Jatim tersebut, tersedia beragam bahan pokok bagi masyarakat. Mulai dari beras, gula, ayam, mie instan, air mineral, bawang, hingga telur.

"Saya ingin menyampaikan kepada masyarakat Jawa Timur, bahwa Pemprov ingin memberikan pelayanan sebaik-baiknya. Kami paham banyak masyarakat Jawa Timur yang terdampak pandemi covid-19 ini," katanya.

Bahkan khusus untuk telur, hal itu adalah permintaan khusus dari Khofifah, agar disediakan di lumbung pangan jatim. Alasannya, ia tak mau hanya karena pandemi covid-19, angka stunting di Jawa Timur semakin tinggi.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Nov 2020 21:41 WIB

BKSDA Jatim Lepasliarkan 7 Ekor Lutung Jawa di Hutan Kota Batu

Warta Bumi

Lutung Jawa merupakan salah satu satwa yang dilindungi.

26 Nov 2020 21:28 WIB

Gubernur Ganjar Siapkan Skenario Darurat Pilkada Serentak

Nusantara

skenario darurat dibahas dalam rapat koordinasi Pilkada 2020.

26 Nov 2020 21:16 WIB

KPK Tahan Stafsus dan Sespri Edhy Prabowo

Korupsi

Dua orang tersebut ditahan karena untuk kepentingan penyidikan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...