Ketua DPRD Surabaya, Armudji. (Foto: Dokumentasi)

DPRD Surabaya Nilai, Risma Terlalu Kaku Soal Pembayaran THR Lebaran

Surabaya 07 June 2018 22:22 WIB
"Pemkot Surabaya sebenarnya sudah terbiasa menggeser nomenklatur anggaran. Jadi tak usah kaku-kaku dalam pemberian THR PNS Pemkot Surabaya," kata Ketua DPRD Surabaya, Armudji.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Surabaya, menganggap keputusan Wali Kota Surabaya yang tak mau memberikan THR untuk Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemkot Surabaya, dianggap sebagai sikap yang terlalu kaku.

Ketua DPRD Surabaya, Armudji mengatakan, dalam kasus ini sebenarnya DPRD Surabaya bisa dipastikan setuju jika terjadi memang Pemkot Surabaya mengajukan perubahan anggaran yang digunakan untuk pembayaran THR PNS. Apalagi pendapatan daerah Kota Surabaya dianggap cukup besar dibanding daerah daerah lainnya.

“Namun masalahnya pengeluaran untuk pembayaran THR itu, memang tak direncanakan sejak awal,” kata Armudji saat dihubungi ngopibareng.id.

Tapi bukan berarti pembayaran THR untuk PNS itu tak bisa dilakukan. Kata dia, Pemerintah Kota Surabaya sebenarnya terbiasa melakukan pergeseran-pergeseran anggaran dari nomenklatur yang ada. “Tak usah  kaku-kaku dalam hal ini,” ujar dia.

Pernyataan Armudji ini sebenarnya sekaligus membantah pernyataan Risma yang beralasan bahwa penganggaran di APBD Kota Surabaya, sudah tertata sedemikian rupa dan sangat ketat pemanfaatannya.

Lalu, nomenklatur mana yang kira-kira bisa dilakukan pergeseran? Armudji, mengatakan DPRD Kota Surabaya tak bisa mengetahui secara persis. Karena yang paham betul dengan nomenklatur yang bisa digeser adalah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Wali Kota.

“Fungsi DPRD Kota Surabaya kan hanya pengawasan. Sehingga detilnya yang lebih tahu adalah SKPD dan Wali Kota, mana saja nomenklatur yang bisa digeser. Pemkot Surabaya, sudah biasa menggeser anggaran. Jadi tak usah kaku-kaku seperti itulah,” pungkas dia. (amr)

Penulis : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

12 Jul 2020 15:30 WIB

Ketahanan Pangan, DKPP Surabaya Sediakan Bibit Tanaman Gratis

Surabaya

Tanaman urban farming berupa tanaman toga, dan bibit sayuran.

12 Jul 2020 14:05 WIB

Alun-Alun Surabaya Ditarget Selesai 17 Agustus

Surabaya

Saat ini masih dalam tahap pemasangan marmer.

11 Jul 2020 12:35 WIB

Pemkot Surabaya Sebut Tiga Ribu Pasien Covid-19 Sembuh

Surabaya

Setelah mendapat tambahan 76 orang pasien sembuh, di Asrama Haji Surabaya

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...