DPRD Pasuruan Periode 2019-2024 Dilantik

21 Aug 2019 18:00 Ngopibareng Pasuruan

Anggota DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Pasuruan Terpilih Periode 2019-2024 akhirnya dilantik. Pengambilan sumpah anggota DPRD Kabupaten Pasuruan terpilih untuk 5 tahun ke depan tersebut dilaksanakan di Gedung DPRD Kabupaten Pasuruan, Rabu, 21 Agustus 2019 dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Bangil, Akhmad Fazrinnoor Sosilo Dewantoro.

Selain itu, acara itu juga disaksikan Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf, Wakil Bupati KH Abdul Mujib Imron, dan seluruh anggota Forpimda (Forum Pimpinan Daerah).

Para anggota DPRD Kabupaten Pasuruan Terpilih Periode 2019-2024 itu diantaranya Sa’ad Muafi, Mashuda Hidayatulloh, Sudiono Fauzan, Shobih Asrori, Laily Qomariyah, Hasan Bisri, Muhammad Yusuf Daniyal, Ilyas, Abdul Karim, Rudi Hartono, A Wasik Rahman Hamzah, Agus Suyanto, Kholili, Arifin, Muhammad Zaini.

Kemudian, Abu Bakar, Eko Suyono, Ruslan, Akhmad Mujangki, Andri Wahyudi, Sugiyanto, Mochamad Rusdi Sutejo, Elyas, Zakaria, Akhmad Sholeh, Fauzi, Juriyanto, Kasiman, Nik Sugiharti, Mahdi Haris, Rias Yudikari Drastika, Yuni Kusuma Winahyu, Sugiarto, Tri Laksono Adi Priyanto, Siti Salamah, M Hatta Rifki, Eko Suryono, Abdul Halim, Subriyanto, Joko Cahyono, Faizatur Rohmah, Saifulloh, KH Saifulloh Damanhuri, Moh Aminuddin, Muhammad Zaini, Muhammad Jaelani serta Moh Hermadi.

Selain pengambilan sumpah dan janji, ada juga pengumuman pimpinan sementara DPRD Kabupaten Pasuruan yang dibacakan oleh Sekretaris DPRD, Abdul Munif.

Dalam pengumuman tersebut, dewan menunjuk Abdul Rouf sebagai Ketua Sementara Pimpinan DPRD Kabupaten Pasuruan, serta Andri Wahyudi sebagai Wakil Ketua. Penunjukan tersebut ditandai dengan penyerahan palu sidang dari Ketua DPRD lama ke Ketua DPRD sementara.

Dalam sambutan pertamanya, Abdul Rouf menegaskan bahwa anggota DPRD adalah utusan dari masing-masing parpol (partai politik) yang berbeda, tapi satu tujuan dalam menjembatani segala aspirasi masyarakat yang mengarah pada upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Kita himpun jadi satu kekuatan yang bisa menggerakkan semangat pengabdian untuk masyarakat. Meski berasal dari parpol yang berbeda, tapi kami yakin bahwa kami satu dalam kekuatan untuk mengemban amanah yang diberikan oleh masyarakat," katanya.

Tak lupa, Rouf juga berterima kasih kepada TNI, POLRI, Pemkab Pasuruan hingga jajaran di bawahnya, KPU, Bawaslu dan semua stake holder yang berhasil menciptakan Pemilu yang jujur, adil dan bermartabat.

"Terima kasih kepada seluruh jajajaran TNI Polri hingga KPU, Bawaslu, Pemkab Pasuruan dan semua stake holder dan masyarakat yang menjaga persatuan dan kesatuan untuk menciptakan pemilu yang berjalan tertib, aman, jujur dan adil dan bermartabat," katanya. 

Sementara itu, Bupati Irsyad Yusuf menjelaskan bahwa hubungan antara Pemerintah Daerah dan DPRD merupakan hubungan kerja yang setara dan bersifat kemitraan. Maknanya kedua lembaga ini sama dan sejajar, yakni sama-sama bermitra kerja dalam membuat kebijakan untuk melaksanakan otonomi daerah sesuai dengan fungsi masing-masing.

"Yang pada akhirnya kedua lembaga bisa membangun suatu hubungan kerja yang sinergi, saling mendukung, serasi dan tidak saling mendominasi satu sama lain dalam melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing," katanya. 

Ditambahkannya, pelantikan anggota DPRD Kabupaten Pasuruan merupakan sebuah momentum perubahan. Oleh karenanya, DPRD kabupaten pasuruan perlu melakukan langkah-langkah dalam tiga ruang gerak, yakni fungsi legislasi, penyusunan anggaran, serta fungsi pengawasan.

Fungsi Legislasi dalam artian melindungi masyarakat dan kepentingan pihak yang telah memilih, sehingga berperan dalam menyusun peraturan daerah. Penyusunan anggaran dalam artian dilakukan tidak lagi secara tertutup, tidak partisipatif dan pragmatis. Melainkan bekerja untuk kepentingan rakyat. 

Sedangkan fungsi pengawasan lebih pada pengawasan dengan memegang teguh etika politik, visi dan misi politik, dan platform partai. Sehingga dalam mengawasi jalannya pemerintahan selalu berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, tidak berdasarkan cerita fiksi atau karangan cerita.

"Kami sangat yakin bahwa hubungan yang sangat baik ini akan terus terjalin sampai kapanpun. Karena kami ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Selamat menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat. Dan untuk seluruh anggota DPRD Kabupaten Pasuruan Periode 2014-2019, kami ucapkan banyak terima kasih atas jasa dan pengabdian dalam mengawal seluruh aspirasi masyarakat," katanya. (sumber: www.pasuruankab.go.id)

Penulis : Witanto


Bagikan artikel ini