Wakil Ketua Komisi E DPRD Provinsi Jatim, Hikmah Bafaqih, pasca Rakor di RSSA Kota Malang pada Jumat 24 Januari 2020 (Theo/ngopibareng.id)

DPRD Tetapkan Siaga Corona, Minta Warga Tak Pergi ke Luar Negeri

Jawa Timur 24 January 2020 14:29 WIB

Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur (Jatim) menyatakan status siaga terkait penyebaran virus corona di wilayah Jatim. Ia juga mengimbau agar warga Malang menunda perjalanan ke luar kota atau luar negeri, saat libur Imlek.

"Di Rapat Koordinasi (Rakor) ini kami memeriksa kesiapan dari Dinas Kesehatan dan rumah sakit, agar nanti kalo terinfeksi bisa dirujuk ke rumah sakit," ujar Wakil Ketua Komisi E DPRD Provinsi Jatim, Hikmah Bafaqih, pasca Rakor di RSSA Kota Malang pada Jumat 24 Januari 2020.

Hikmah mengatakan, di Jatim, ada dua rumah sakit yang menjadi rujukan jika ada yang terinfeksi virus corona yaitu, Rumah Saki dr. Soetomo, Surabaya dan RSSA, Kota Malang.
"Kalau di RSSA ini kan memang sudah ada karantinanya. Sudah lengkap juga fasilitasnya," tuturnya.

Hikmah melanjutkan status siaga dilakukan, lantaran bakal ada mobilitas perjalanan ke Singapura dan China saat Imlek besok. "Jadi mungkin yang di sini saudranya banyak berada di sana (Singapura dan China) jika memungkinkan agar ditunda dulu perjalanannya sampai kondisi kondusif," jelasnya.

Hikmah juga mengimbau pihak Kominfo RI agar memberikan informasi kepada masyarakat mengenai jenis-jenis gejala orang yang terinfeksi virus corona. "Seperti kasus yang di Jakarta itu kan sebanarnya bukan. Kami juga mengkhawatirkan apalagi virus ini dari Tiongkok. Nanti bisa dipelintir bisa menjadi isu SARA," ucapnya.

Maka dari itu, ia mengatakan pemerintah harus terus berfokus mencegah virus tersebut menyebar. Hikmah menyampaikan saat ini Pemprov Jatim sudah menempatkan alat pendeteksi suhu tubuh di bandara dan pelabuhan.

"Karena kami melihat di dua tempat itu dimungkinkan sebagai tempat penularan virus corona," ungkapnya.

Seperti diberitakan oleh Ngopibareng sebelumnya, Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang sudah menyiapkan ruang isolasi untuk mencegah penularan virus corona menyebar luas.
Direktur RSSA Kota Malang, dokter Kohar Hari Santoso mengatakan melihat perkembangan kasus penyebaran virus corona ini maka kesiagaan di RSSA Kota Malang juga dinaikkan.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Feb 2020 07:22 WIB

Sudahi Perlawanan Sengit West Ham, Liverpool Masih Perkasa

Liga Inggris

The Reds baru bisa memastikan kemenangan sembilan menit ke-81

25 Feb 2020 07:09 WIB

Bagi Keluarga Kurang Mampu, Dibuka Pendaftaran SNMPTN

Nasional

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka kesempatan bagi

25 Feb 2020 06:58 WIB

Kemarin, Mahathir Mundur hingga Klaim Candi Sebesar Borobudur

Nasional

Berita kemarin. Mahathir mundur dan klaim candi di bawah Gunung Arjuno.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.