Wakil Ketua DPRD Jatim, Anwar Sadad. (Foto: Istimewa)

DPRD Jatim Sebut Pelaksanaan Pencoblosan Pilkada Berjalan Aman

10 Dec 2020 19:15

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur, Anwar Sadad menyampaikan apresiasinya terhadap jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Jatim, Pangdam V Brawijaya, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jatim yang berhasil melaksanakan proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak dengan baik dan lancar.

Dari penilaiannya berdasar laporan yang diterima pelaksanaan Pilkada Serentak di Jawa Timur berjalan tanpa ada satupun kejadian atau konflik.

“Dukungan dari Forkopimda Jatim amat besar dan hal itu akan membuktikan kualitas kehidupan demokrasi di Jatim selangkah lebih maju. Apalagi hal ini ditunjang oleh profesionalitas penyelenggara dan pengawas Pilkada, serta partisipasi masyarakat sebagai pemilih,” kata Sadad, Kamis 10 Desember 2020.

Terutama, lanjut politisi Partai Gerindra itu, seluruh petugas betul-betul bisa menjaga dan menerapkan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan virus corona atau Covid-19.

“Hal ini menjadi lebih bermakna karena Pilkada kali ini diselenggarakan dalam suasana pandemi Covid-19 yang masih belum reda. Tentu hal ini menjadikan titik kerawanan lebih mendapatkan perhatian serius,” imbuhnya.

Hanya saja, ia berpesan kepada seluruh partai politik untuk menjaga berbagai indikasi kerawanan yang mungkin muncul dalam proses selanjutnya untuk menjaga kondusifitas Jatim. Apabila, ada pasangan yang menang diharapkan bereuforia sewajarnya, di sisi lain yang kalah harus menerima hasil dengan legawa.