Andrea Dovizioso menganggap Marc Marquez bukan tipikal pembalap mudah membuat alasan meski sempat terjatuh di sesi latihan bebas pertama di Sirukit Buriram, Thailand. (Foto: Twitter/@AndreaDovizioso)

Dovizioso: Marquez Bukan Pembalap Cengeng

MotoGP 05 October 2019 05:57 WIB

Andrea Dovizoso dan Marc Marquez kerap terlibat dalam persaingan keras. Namun, Dovizioso menunjukkan betapa besar respeknya pada sang lawan. Ia pun tak segan-segan melontarkan komentar positif mengenai pembalap asal Spanyol itu. Ia bahkan menyebut Marquez bukan pembalap cengeng.

Untuk kali ini, Dovizioso berkomentar tentang insiden yang membuat Marc Marquez terjatuh di akhir sesi latihan bebas pertama (FP1) yang membuat tubuhnya terhempas keras ke tanah, dan mengakibatkan luka memar di sekujur tubuh rider Repsol Honda tersebut.

Menurut pembalap Ducati itu, ada dua tipikal pembalap dalam MotoGP. Yang satu kerap membuat alasan atas penampilan buruknya, ada pula pembalap yang tak mau mencari-cari alibi atas capaiannya yang buruk. Di matanya, Marquez adalah tipikal pembalap kedua.

"Ada dua jenis pengendara.  Beberapa pembalap tetap berada di belakang situasi yang menyakitkan atau buruk. Sebagian besar pengendara menempatkan batas di depan semua orang dan memainkan itu (menjadikan alasan). Jadi mereka selalu berbicara soal cedera itu, punya riwayat ini dan itu,” katanya mengawali komentarnya mengenai kecelakaan yang menimpa Marquez seperti dikutip dari Crash.

“Beberapa melakukan yang sebaliknya. Mereka tidak mengatakan hal-hal (nyata) sehingga mereka tidak menunjukkan kelemahan. Dan mereka mendorong 100 persen. Marc adalah salah satunya. Ada beberapa pembalap lain yang juga melakukan itu,” ujar pembalap Italia ini.

“Terutama dengan media, banyak pengendara mengeluh tentang banyak hal, tetapi mereka lebih kecil dari kenyataannya. Tapi untuk media, hal-hal semacam itu bagus untuk pemberitaan dan mengeksploitasinya. Ada banyak pengendara melakukan itu. Tentu saja Marc berbeda, meski dia bukan satu-satunya,” tambahnya.

Meski baru saja mengalami kecelakaan dan sempat dilarikan ke rumah sakit, hanya berselang dua jam kemudian ia kembali ke Sirkuit Buriram untuk mengikuti FP2. Yang mengejutkan, Marquez tak menunjukkan bahwa ia merasakan kesakitan di sejumlah bagian tubuhnya akibat menghantam kerikil di tepi lintasan.

Dengan rasa sakit di punggung, lutut, dan pinggul kiri, Marquez tetap tampil kompetitif. Meski tak agresif dan memilih aman, Marquez tetap berhasil mencatatkan waktu tercepat keenam di FP2. Dengan hasil itu, Marquez berhasil tampil di kualifikasi 2 (Q2) yang akan menentukan posisi start saat balapan tiba.

Ia hanya kalah dari para pembalap Yamaha semacam Fabio Quartararo, Maverick Vinales, Franco Merbidelli, Jack Miller (Pramac Ducati) dan Valentino Rossi yang berada di lima besar. Namun ini bukan jaminan Marquez tak akan melesat di saat kualifikasi dan start dari posisi yang lebih baik.  

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Sep 2020 21:59 WIB

Klasemen MotoGP 2020: Dovizioso Posisi Teratas

MotoGP

Quartararo disalip oleh Dovizioso di daftar pemuncak klasemen MotoGP 2020.

06 Sep 2020 16:55 WIB

KTM Tech3 Tak Sudi Terima Dovizioso

MotoGP

Ia yakin Iker Lecuona akan menjadi bintang masa depan KTM Tech3

04 Sep 2020 20:45 WIB

Bos KTM Bicara tentang Pembalap Muda di MotoGP 2020

MotoGP

Meski Dovizioso lebih dijagokan, ia lebih senang melihat pembalap muda

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...