Ilustrasi Dinas Pendidikan Surabaya. (Foto: Istimewa)

Pakar: Sebaiknya Pembukaan Sekolah Ditunda

04 Aug 2020 19:28

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Dr. Atik Choirul Hidajah, dosen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (FKM Unair) mengatakan, sebaiknya rencana Pemerintah Kota Surabaya untuk membuka sekolah kembali ditunda. Mengingat Surabaya masih zona merah.

"Ya sementara Surabaya masih berada pada zona merah sebaiknya upaya membuka sekolah ditunda dulu. Ini sesuai dengan kriteria apa yang harus dilakukan pada kawasan yang masih zona merah," kata Dr. Atik Choirul Hidajah.

Atik biasa ia disapa mengungkapkan, bila nantinya Surabaya sudah menjadi zona hijau dan bisa membuka sekolah. Persiapan sekolah, wali murid hingga siswa sendiri harus benar-benar dipersiapkan.

"Kalau pun nanti sudah zona hijau, ada beberapa indikator-indikator yang harus dipenuhi sebelum membuka sekolah sesuai dengan SKB 4 menteri yang telah ditetapkan," imbuhnya.

Sebelumnya, Pemkot Surabaya berancang-ancang untuk membuka 21 sekolah SMP di Surabaya. Saat ini hal tersebut masih dalam tahap simulasi.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dispendik Surabaya Sudarminto mengatakan, sejak Senin, 4 Agustus 2020 sudah dilakukan simulasi hingga 4 hari ke depan untuk 21 sekolah SMP yang menjadi pilot project.

Adapun sekolah yang sudah melakukan simulasi senin kemarin adalah SMPN 3 dan SMPN 15 Surabaya.

"Mulai kemarin kita sudah lakukan simulasi kesehatan Covid-19 mulai dari masuk sekolah, berangkat dari rumah ke sekolah dan sebaliknya," kata Sudarminto.