Bengkel difabel milik Rudi di Desa Maguan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. (Foto: Istimewa)

Dosen Fakultas Teknik UB Renovasi Bengkel Otomotif Milik Difabel

Pojok Unibraw 08 January 2020 20:14 WIB

Dosen Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, Sugiono, membantu merenovasi bengkel milik seorang difabel, Rudi, warga Desa Maguan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, yang sehari-hari ramai dikunjungi para difabel pecinta otomotif.

Bengkel milik pria yang juga menjadi anggota Difabel Motorcycle Indonesia (DMI) ini kondisinya cukup memperihatinkan. Bangunannya lusuh dan tidak terawat, serta beberapa mesin yang disediakan belum lengkap.

Padahal menurut Sugiono, bengkel ini sangat potensial mengembangkan kreativitas difabel agar tidak dipandang sebelah mata dan menjadi mandiri.

Maka dari itu Sugiono membantu melakukan renovasi bengkel difabel, yaitu merenovasi ruangan bagi bengkel yang jadi rumah modifikasi roda dua menjadi kendaraan roda tiga tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, Sugiono dibantu sebelas orang mahasiswa dari Asisten Laboratorium Perancangan Kerja dan Ergonomi Teknik Industri FT UB serta satu dosen dari Pusat Studi Layanan Disabilitas UB, Slamet Tohari.

"Kami mendesain ruang kerja melalui pendekatan ilmu ergonomi, membeli mesin bubut dan pelengkap perkakas bengkel serta memberikan pelatihan terkait penggunaan mesin bubut," ujar Sugiono dalam rilis resmi yang diterima Ngopibareng.id pada Rabu, 8 Januari 2020.

Sugiono berharap upaya yang telah dilakukannya bersama tim bisa memberikan manfaat bagi pemilik dan juga orang-orang di sekitarnya.

"Terutama untuk Komunitas Difabel Motorcycle Indonesia yang merupakan perkumpulan penyandang difabel yang memiliki hobi otomotif, baik sebagai pengendara motor maupun sebagai teknisinya," tuturnya.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Feb 2020 20:13 WIB

Islam Indonesia Jadi Inspirasi Dunia untuk Perdamaian

Khazanah

Alissa Wahid tampil di forum British Islam Conference, London.

25 Feb 2020 20:00 WIB

KPUD Malang Nyatakan Berkas Bupati Independen Lolos Perhitungan

Pilkada

Melebihi batas minimum dari KPUD Malang sebesar 129.796.

25 Feb 2020 19:50 WIB

Anjungan Dukcapil Mandiri Pertama di Kabupaten Magetan

Nasional

Anjungan Dukcapil Mandiri memudahkan pelayanan publik.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.