Para pemain Borussia Dotmund rayakan gol Erling Haaland. (Foto: Twitter/@BVB)
Para pemain Borussia Dotmund rayakan gol Erling Haaland. (Foto: Twitter/@BVB)

Dortmund Berondong Schalke Empat Gol Tanpa Balas

Ngopibareng.id Liga Jerman 16 May 2020 22:43 WIB

Borussia Dortmund langsung tancap gas di laga pertamanya dalam lanjutan Bundesliga Jerman, Sabtu 16 Mei 2020. Bermain di Signal Iduna Park, Dortmund memberondong gawang Schalke dengan empat gol tanpa balas.

Gol pembuka Die Borussen dicetak oleh Erling Brautt Haaland di menit ke-29. Sementara tiga gol lainnya masing-masing disumbangkan oleh Raphael Guerreiro di menit ke-45 dan 63, serta Thorgan Hazard di menit ke-48.

Babak I

Di awal laga, Dortmund tampaknya tak memberikan kesempatan pada Scahlke untuk mengembangkan permainan. Tekanan demi tekanan mereka lancarkan ke pertahanan Schalke.

Dortmud hampir saja membuka keunggulan di menit ke-11 setelah tembakan Haaland membentur tangan pemain Schalke di dalam kotak penalti. Namun setelah mengecek VAR, wasit memutuskan tak memberikan penalti.

Keputusan itu tak membuat Dortmund patah arang. Serangan yang mereka lancarkan akhirnya membuahkan hasil di menit ke-29. Menerima umpan silang matang dari Thorgan Hazard, sontekan Haaland ke sisi kanan gawang Schalke tak mampu diantisipasi oleh Markus Schubert. Skor 1-0 untuk Dortmund.

Di atas angin, Dortmund terus melakukan gempuran. Namun, upaya mereka tak juga membuahkan hasil setelah beberapa peluang yang mereka hasilkan terbuang sia-sia.

Ketika babak pertama seakan-akan berkesudahan dengan skor 1-0 untuk Dortmund, tuan rumah berhasil menggandakan skor menjadi 2-0. Kali ini Raphael Guerreiro yang membuat Schubert memungut bola dari gawangnya untuk kedua kali.

Babak II

Memasuki babak kedua, Dortmund lagi-lagi tampil menekan. Memanfaatkan kelengahan barisan pertahanan Schalke di menit ke-48, Thorgan Hazard mencatatkan namanya di papan skor. Skor berubah menjadi 3-0 untuk Dortmund.

Schalke mencoba untuk bangkit dari keterpurukan. Namun, kuatnya pertahanan Dortmund yang digalang Mat Hummels membuat barisan depan Schalke kesulitan menembus kotak penalti tuan rumah.

Sebaliknya, Dormund kembali menambah keunggulan di menit ke-63. Lagi-lagi, Gerreiro menghadirkan mimpi buruk bagi Schalke. Menerima umpan matang dari Haaland, Guerreiro membobol gawang lawan untuk kedua kalinya. Skor 4-0 bagi keunggulan tuan rumah.

Skor ini bertahan hingga babak kedua berakhir, 4-0 untuk kemenangan Dortmund. Dengan tambahan tiga poin ini, Dortmund kini mengantongi 54 poin, dan kokoh di urutan kedua klasemen sementara Bundesliga Jerman. Dortmund kini hanya berjarak satu angka dengan Bayern Munchen yang berada di puncak klasemen.  

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Mar 2021 03:39 WIB

Haedar Nashir: Pancasila Tak Sekadar Fundamen Politik

Khazanah

Renungan tentang gagasan Founding Fathers RI

04 Mar 2021 02:54 WIB

Setiap Zaman Ada Orangnya, Setiap Orang Ada Zamannya

Islam Sehari-hari

Ulasan KH Sujadi atas Tafsir Al-Quran Surat Al-Ashr

04 Mar 2021 02:11 WIB

Bersatu dalam Pembantaian Rohingya, Mengkudeta Suu Kyi

Tokoh

Jenderal Min Aung Hlaing, Sosok di Balik Kudeta Militer Myanmar

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...