Protokol kesehatan tanggung jawab dunia akhirat. (Fa-Vidhi/Ngopibareng.id)
Protokol kesehatan tanggung jawab dunia akhirat. (Fa-Vidhi/Ngopibareng.id)

Doni Monardo: Protokol Kesehatan Tanggung Jawab Dunia Akhirat

Ngopibareng.id Nasional 10 October 2020 11:00 WIB

Penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 menjadi tanggung jawab masing-masing penduduk Indonesia. Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo menyatakan, pertanggungjawaban itu tidak hanya di dunia, tetapi juga diakhirat. Ia pun meminta agar penduduk Indonesia menghindari aktivitas yang melanggar protokol kesehatan.   

“Ingat, mereka yang mengabaikan protokol kesehatan sehingga menimbulkan korban jiwa bukan hanya dimintai pertanggungjawaban di dunia, tetapi juga di akhirat,” kata Doni dilansir dari laman Satgas Penanganan Covid-19, Sabtu 10 Oktober 2020.

Perwira tinggi TNI AD bintang tiga yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini kemudian menyebutkan jika sejumlah kepolisian daerah yang melakukan pemeriksaan rapid test terhadap peserta aksi tolak Omnibus Law, yang berlangsung Rabu dan Kamis lalu, mendapati hasil reaktif.

Selain itu, ada juga kepolisian daerah yang melakukan pemeriksaan dengan swab antigen hasilnya positif Covid-19. Namun, ia tidak menyebutkan angka peserta aki yang terpapar virus corona. 

"Ini harus disampaikan pada publik agar menghindari aktivitas berkerumun, hindari yang menyebabkan mengancam keselamatan diri sendiri, apalagi orang lain," lanjutnya.

Menurutnya, orang yang berbahaya bukan pasien Covid-19 yang sudah sembuh, melainkan orang positif yang belum melakukan pemeriksaan atau yang biasa disebut orang tanpa gejala (OTG). 

Sebab mereka bisa menulari siapapun, terutama keluarga terdekat yang memiliki penyakit penyerta (komorbid). Seperti diketahui kaum lansia dan komorbid sangat rentan tertular virus corona.

Ia juga berpesan agar seluruh komponen masyarakat dan keluarga bisa saling menguatkan dan mengajak orang lain disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2021 04:55 WIB

39 Hari Bebas, Millendaru Kembali Terciduk Razia Narkoba

Kriminalitas

Millendaru dkk positif benzo usai konsumsi ekstasi.

28 Feb 2021 04:25 WIB

Bandara Jenderal Besar Soedirman Beroperasi 22 April

Nasional

Bandara Jenderal Besar Soedirman di Wirasaba, Purbalingga.

28 Feb 2021 04:05 WIB

Tambah Empat Stasiun Kereta Api Penyedia Tes GeNose Covid-19

Nasional

Hasil tes GeNose berlaku 3x24 jam.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...