Pebalap MotoGP asal Queensland, Australia, Jack Miller. (Foto: Laman resmi MotoGP)

Donasi Artis hingga Atlet Untuk Kebakaran Hutan di Australia

Internasional 09 January 2020 16:30 WIB

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Australia, dikutip dari CBN News, menghanguskan sekitar 12,35 juta hektar lahan. Hal ini dipicu oleh suhu panas tinggi.

Kebakaran hutan itu disebut merusak lebih dari 1.400 rumah dan merenggut setidaknya 23 nyawa. Selain itu, belakangan diberitakan bahwa kebakaran hutan di Australia juga merenggut nyawa lebih dari setengah miliar hewan liar.

Legenda heavy rock, Metallica, mengirim lebih dari sekadar doa kepada mereka yang berjuang menghadapi darurat kebakaran hutan di Australia. Para rocker Bay Area menyumbangkan uang senilai 750.000 dolar AS atau Rp10,4 miliar kepada NSW Rural Fire Service dan kepada Country Fire Authority di Victoria untuk mendukung upaya penanggulangan bencana.

Industri musik Australia dan para seniman serta organisasi di seluruh dunia bahu-membahu mengirimkan donasi atau bantuan ke Australia. Mereka membantu petugas pemadam kebakaran. Setidaknya 24 orang kehilangan nyawa karena kebakaran tersebut dan sejumlah pertunjukan musik telah dibatalkan karena kondisi berbahaya, termasuk konser Cold Chisel dan Lorne leg of Falls Festival.

Tak mau ketinggalan, bintang televisi Kylie Jenner turut menyumbang untuk mengatasi kebakaran hutan di Australia. Ia menyumbang sebesar satu juta dollar AS atau setara dengan Rp 13,9 miliar untuk mengatasi dan korban kebakaran hutan di negeri Kanguru tersebut.

Tetapi, dilansir dari Eonline, sebelum memberikan sumbangan, perempuan 22 tahun ini menjadi sorotan dan dikritik di media sosial.

Pendiri Kylie Cosmetics itu membagikan foto yang memperlihatkan sandal tidur Luis Vuiton yang terbuat dari bulu cerpelai. Sontak, Kylie Jenner mendapat banyak kritikan.

Namun di balik kontroversi yang dibuatnya, Kylie Jenner sudah berbaik hati menyumbang untuk mengatasi kebakaran hutan di Australia.

Sebelum Kylie Jenner, bintang film Thor, Chris Hemsworth juga menyumbang Rp 13,9 miliar untuk atasi kebakaran hutan di Australia. Tak lupa, bintang film Men in Black ini juga menuliskan donasi bisa disalurkan melalui link, yang ditulisnya di bio instagram @chrishemsworth, yakni Ink.bio/fightthebushfires.

Pebalap MotoGP dari Tim Pramac Ducati, Jack Miller, juga berdonasi ketika negaranya tengah mengalami bencana alam. Caranya, ia melelang salah satu helm MotoGP 2018 miliknya.

Jack Miller yang lahir di Queensland merupakan salah satu daerah yang paling parah terkena dampaknya. Karena itu, ia mengikuti jejak pemain kriket Shane Warne dan pembalap Formula One (F1), Daniel Ricciardo, mengumpulkan dana untuk memberi bantuan.

Pembalap berusia 24 tahun itu menggunakan cara dengan melelang helm MotoGP miliknya dengan desain yang ia gunakan selama musim 2018. Dengan dana yang terkumpul, ia akan menyumbangkannya ke Dinas Pemadam Kebakaran Pedesaan New South Wales.

Miller telah mengonfirmasi lelang online akan berakhir pada Jumat 10 Januari pukul 17.00 waktu setempat dan ia akan langsung mengumumkan pemenang serta mengirimkan helmnya. Selain itu, Miller juga menyediakan tautan untuk siapa pun yang ingin menyumbang dana di luar pelelangan untuk membantu kebakaran hutan Australia.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Feb 2020 13:14 WIB

PLN: 1.096 Gardu Terdampak Banjir Sudah Menyala

Nasional

Sebagian besar sudah nyala

26 Feb 2020 13:09 WIB

Keluarga Anak Kiai Cabul, Janji Akan Penuhi Panggilan Penyidik

Kriminalitas

Dipastikan akan datang setelah tim negosiasi telah bertemu keluarga

26 Feb 2020 12:51 WIB

Gabung Arema FC, Feby Eka Putra Optimistis Dapat Menit Bermain

Liga Indonesia

Ungkap kepindahan ke Arema juga faktor keluarga

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.