Debat calon Presiden (capres) Amerika Serikat, Donald Trump vs Joe Biden. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)
Debat calon Presiden (capres) Amerika Serikat, Donald Trump vs Joe Biden. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Donald Trump dan Joe Biden Kompak Tak Pakai Masker

Ngopibareng.id Internasional 30 September 2020 09:42 WIB

Debat perdana calon Presiden (capres) Amerika Serikat antara petahana Donald Trump dan penantangnya, Joe Biden, Case Western Reserve University and Cleveland Clinic, Ohio, Selasa 29 September 2020 malam waktu AS, atau Rabu pagi ini waktu Indonesia. Sebagai informasi, Ohio adalah negara bagian yang krusial dalam pemilihan Presiden AS.

Kedua capres kompak tak pakai masker. Mereka juga tak saling berjabat tangan dan langsung menempati podium masing-masing.

Joe Biden dan Donald Trump juga sama-sama tidak menyampaikan pernyataan pembuka. Ketika moderator, Chris Wallace dari Fox News menyapa kedua calon, Donald Trump terlihat hanya berdiam, sementara Joe Biden memberikan senyuman.

Kedua capres itu kompak menggunakan setelan jas hitam dan kemeja berwarna putih di dalamnya.

Debat dibagi menjadi 6 segmen, masing-masing 15 menit. Donald Trump yang menjawab pertanyaan pertama dari moderator. Tiap segmen punya topik yang berbeda antara lain Mahkamah Agung (MA), Covid-19, Ekonomi, Ras dan kekerasan di kota-kota, dan Integritas pemilu.

Moderator membuka tiap segmen dengan satu pertanyaan, setelah itu setiap kandidat punya dua menit untuk merespons. Kandidat punya kesempatan untuk merespons satu sama lain.

Donald Trump yang mendapat kesempatan pertama menjawab pertanyaan yang dilontarkan moderator.

Sebagai informasi, menjelang debat perdana, popularitas Donald Trump masih tertinggal di bawah Joe Biden. Suami Melania Trump meraih 43 persen, sementara Biden 51 persen.

Donald Trump harus berjuang keras di tengah keterpurukan AS akibat hantaman pandemi virus corona yang telah menewaskan lebih dari 200 ribu orang di AS.

Selain itu, Donald Trump juga mendapat tamparan setelah laporan New York Times menujukkan dia tidak membayar pajak penghasilan federal dalam 10 dari 15 tahun. Kasus kekerasan terhadap warga kulit hitam yang dilakukan oleh beberapa oknum polisi di negara bagian juga membuat Amerika Serikat menjadi sorotan dunia.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Oct 2020 18:13 WIB

Program J3K Gojek Terapkan 3M

Rek, Ojok Angel Tuturane

J3K untuk jaga mitra driver dan pelanggan terpapar Covid-19.

24 Oct 2020 18:00 WIB

PBNU Apresiasi Polri Tangkap Sugi Nur

Nasional

Sugi Nur ditangkap karena menghina NU.

24 Oct 2020 17:49 WIB

Jiplak Penyanyi Korea, Video Musik Via Vallen di YouTube Dihapus

Musik

Konsep video musik Via Vallen dituding jiplak penyanyi Korea, IU.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...