Doa Menangkal Hoaks, Begini Lafalnya

11 Jan 2019 05:35 Khazanah

Dalam suasana banyaknya info yang hoaks, berita bohong, perbanyaklah doa yang dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad Saw ini. Berikut lafal lengkap doa agar kita terjaga dari kebenaran:

اللهم أرنا الحق حقاً وارزقنا اتباعه وأرنا الباطل باطلاً وارزقنا اجتنابه

“Ya Allah, tampakkanlah kepada kami yang benar itu sebuah kebenaran dan berikan rezeki kepada kami untuk mengikutinya. Tampakkanlah kepada kami yang batil itu sebuah kebatilan dan berikan rezeki kepada kami agar menjauhinya.”

Dengan mengamalkan doa ini, kita terhindar dari berita bohong, ghibah (bergunjing) yang melampaui batas. Dengan demikian dalam melihat sesuatu bukan hanya dengan mata kepala tetapi juga mati sehingga kebenaran akan ditampakkan menjadi kebenaran sekalipun kebenaran itu mungkin tidak didukung oleh banyak orang kerena yang benar itu memang tidak perlu voting dan ia akan tetap benar.

Begitu juga sebaliknya sesuatu yang batil sekalipun di-blowup dengan gegap gempita, kebatilan akan tetap batil sekalipun yang batil didukung oleh opini yang banyak.

Dengan doa ini, kita akan ditunjukkan mana yang sesungguhnya benar dan mana yang hanya seperti benar.

Pada akhirnya kebenaranlah yang akan menang dan kebatilan akan lenyap, sebagaimana Firman-Nya :

وَقُلْ جَاءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ إِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوقًا

Dan katakanlah: “Yang benar telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap (QS. Al Israa’ : 81).

“Semoga kita dijauhkan dari berita-berita yang kurang benar  yang santer dalam akhir-akhir ini. Amin,” kata ustad H Zaini Ilyas berpesan. (adi)

Reporter/Penulis : Riadi


Bagikan artikel ini