Kegiatan DMI Surabaya Mengisi Ramadhan di Rumah Saja.
Kegiatan DMI Surabaya Mengisi Ramadhan di Rumah Saja.

DMI Surabaya Gelar Festival Ramadhan di Rumah Saja

Ngopibareng.id Surabaya 03 May 2020 02:52 WIB

Ide kreatif datang dari Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Surabaya. Dalam rangka meramaikan bulan puasa di masa pandemi Corona, mereka menggelar Festival Ramadhan #DirumahSaja.

"Festival ini untuk memberi ruang kegiatan bagi para mileneal selama bulan Ramadhan. Kami ingin mengisi suasana Ramdhan ini dengan kegiatan lomba secara online," kata M Romdlon, Ketua Bidang Kaderisasi Pemuda dan Remaja Masjid DMI Kota Surabaya.

Selama ini, setiap bulan puasa DMI Surabaya selalu menggelar kegiatan Kampung Ramadhan dan Festival. Biasanya diisi dengan kegiatan bazar dan lomba-lomba yang melibatkan para remaja Masjid. Kegiatan rutin itu batal diselenggaran tahun ini karena ada pegebluk Corona.

Sebagai gantinya, DMI Kota Surabaya menggelar berbagai macam lomba secara online. Mulai lomba Tahfidz Alquran, Lomba Adzan, Lomba Cerita Ramadhan, dan lomba membikin video Ramadhan. Lonba berlangsung sejak 30 April hingga 15 Mei 2020.

"Lomba ini bisa diikuti oleh remaja masjid dari mana saja. Tidak terbatas dari Surabaya. Panitia menyediakan hadiah jutaan rupiah. Caranya dengan mengirim video rekaman kepada panitia," tambah Romdlon.

Selama Ramadhan di masa pandemi Corona ini, kegiatan yang mengumpulkan massa tidak dibolehkan. Bahkan, di daerah yang memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) kegiatan beribadah di masjid juga dianjurkan tak dilakukan. Ini untuk memutus mata rantai penularan virus Corona.

Selama para remaja masjid hanya bisa beribadah di rumah, mereka masih bisa mengikuti Festival Ramadhan yang digelar DMI Kota Surabaya. Dengan demikian, suasana Ramadhan masih bisa kita meriahkan meski kita tinggal #dirumahsaja.

Ayo buruan mendaftar ikut festival. Kegiatan ini didukung ngopibareng.id, Bukan Hanya Portal Berita Biasa dan Jazeerah.

Penulis : Azhari

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

30 Nov 2020 23:45 WIB

Khofifah Minta Kepala Daerah Percepat Realisasi Anggaran

Pemerintahan

Harap percepatan anggaran untuk tangani dampak Covid-19

30 Nov 2020 23:30 WIB

Pukuli Warga, 4 Polisi Prancis Diseret ke Pengadilan

Internasional

Mereka memukul warga kulit hitam pada 21 November lalu.

30 Nov 2020 23:10 WIB

Bagikan Beras saat Pilkada, Warga Jabar Dipenjara Tiga Tahun

Pilkada

Pelanggaran pilkada di Ciganjur.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...