Suhadi, saat memberikan bantuan ke takmir masjid (Andhi Dwi/Ngopibareng)

DMI Bagikan Disinfektan untuk Seluruh Masjid di Jatim

Jawa Timur 19 April 2020 16:59 WIB

Dewan Masjid Indonesia (DMI) bagikan cairan desinfektan, untuk seluruh masjid di Jawa Timur (Jatim). Kegiatan tersebut merupakan salah satu program bersih masjid, sebelum memasuki bulan Ramadan di tahun ini.

Sekretaris DMI Provinsi Jatim, Suhadi mengatakan, dalam kegiatan tersebut, pihaknya ingin membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk mencegah penyebaran covid-19. Namun tetap sesuai bidang, yakni kebersihan masjid.

“Kegiatan ini berbasis masjid, jadi kami memberikan disinfektan kepada seluruh masjid di Jatim. Ada sumbangan dari pimpinan pusat DMI, kira-kira sampai 75 ribu botol,” kata Suhadi, ketika ditemui di halaman Islamic Center, Minggu, 19 April 2020.

Suhadi mengucapkan, agenda yang diinisiasi oleh DMI Pusat itu, diselenggarakan serentak di kota Jatim lainnya. Per daerah juga mendapatkan bantuan yang sama, yaitu sebanyak 600 botol. Setiap botol berisi 1,8 liter disinfektan.

“Distribusinya mulai Kamis, Jumat, Sabtu, sampai Minggu ini, dan setiap harinya selalu dimulai pukul 8 pagi sampai jam 5 sore,” ucapnya.

Menurut Suhadi, disinfektan yang telah dibagikan tersebut, memang dipersiapkan untuk menyambut bulan Ramadan, yang bakal dimulai  April 2020, ini. Maka dari itu, pihaknya telah menakar isinya, agar cukup digunakan hingga Idul Fitri.

“Satu dusnya berisi 10,8 liter, persiapan untuk Ramadan sudah cukup. Karena biasanya kan memang empat sendok makan dicampur dengan satu liter air, lah itu cukup sampai selesai bulan puasa,” jelas Suhadi.

Ketua Satgas Covid-19 DMI Jatim itu pun membeberkan, agar semua masjid di Jatim mendapatkan distribusi, pihaknya tak mempersulit syarat pengambilan bantuan. Hanya cukup membawa stempel masjid atau musala, serta datang ke lokasi.

“Di Jatim ada kira-kira hampir 42 ribu masjid, mudah-mudahan ini bisa membantu seluruh masjid. (Syaratnya) tidak terlalu ketat, hanya datang ke kantor DMI jatim,” ungkapnya.

Suhadi berharap bantuan tak hanya membantu takmir masjid dalam hal kebersihan, tetapi juga dijadikan momen bagi para pengurus sebagai ajang bertukar pikiran, dalam hal pencegahan penyebaran covid-19.

“Bantuan akan datang lagi minggu depan. Para takmir bisa berkumpul, diskusi, serta bermusyawarah, tentang bagaimana cara pencegahan covid-19 ini segera berakhir,” tutupnya.

Penulis : Andhi Dwi Setiawan

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

16 Aug 2020 00:38 WIB

Transformasi Desainer Oscar Lawalata Jadi Wanita Punya Pacar Bule

Gosip Artis

Desainer Oscar Lawalata ubar gender jadi wanita.

16 Aug 2020 00:20 WIB

Video Amien Rais Sebut Jokowi Otoriter

Politik

Video terbaru Amien Rais menyebut rezim Presiden Jokowi otoriter.

15 Aug 2020 23:59 WIB

Jadwal Belajar dari Rumah TVRI 16 Agustus 2020

Pendidikan

Tayangan edukasi disajikan pada program Belajar dari Rumah.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...