Pemakaman jenazah pasien Covid-19 di makam baru Bambu Apus Jakarta Timur dengan protokol kesehatan. ( foto: istimewa).
Pemakaman jenazah pasien Covid-19 di makam baru Bambu Apus Jakarta Timur dengan protokol kesehatan. ( foto: istimewa).

DKI Jakarta Kekurangan Lahan Makam Khusus Jenazah Covid-19

Ngopibareng.id Nasional 23 January 2021 08:20 WIB

Kasus Corona di Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda penurunan, termasuk di Jakarta. Di ibu kota, selain rumah sakit rujukan sudah dipenuhi penderita Covid-19, beberapa lahan pemakaman khusus jenazah Corona juga penuh dan harus mencari lahan baru.

Sebelumnya, lahan pemakaman khusus Corona ada di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur. Hingga akhirnya area itu penuh dan Pemprov membuka lahan-lahan lain.

Area pemakaman khusus jenazah Corona yang kemudian dibuka oleh Pemprov DKI di antaranya TPU Tegal Alur Jakarta Barat, TPU Rorotan Jakarta Barat, hingga TPU Srengseng Sawah Jakarta Selatan.

Baru sepekan berlalu, lahan khusus pemakaman Corona di TPU Srengseng Sawah sudah hampir penuh. Lahan baru kemudian disiapkan.

Yang terbaru, Pemprov DKI membuka area pemakaman khusus Corona di TPU Bambu Apus, Jakarta Timur.

Pemakaman umum (TPU) Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Luasnya 3.000 meter persegi. Empat makam khusus untuk penderita Covid-19 sebelum lahan baru tersebut dibuka, jenazah pasien Covid-19 yang dirujuk rumah sakit untuk dimakamkan di Pondok Ranggon terpaksa dialihkan ke TPU Tegal Alur, Jakarta Barat, atau TPU Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

Dan tiga makam tersebut dinyatakan penuh. Kalau mau menggunakan pola tumpang tindih.

Sedangkan, jumlah penderita Covid-19 di Jakarta yang meninggal hingga 22 Januari 2021 tercatat 3.883 orang.

Penanggung Jawab Pelaksana Pemakaman Covid-19 di TPU Pondok Ranggon Muhaemin mengarakan untuk sementara jenazah yang dimakamkan di TPU Pondok Ranggon dialihkan ke TPU Bambu Apus.

Lahan baru di Bambu Apus mulai menerima pemakaman jenazah sejak Jumat 22 Januari 2021. "Sampai Jumat sore sudah lima jenazah pasien Covid-19 dimakamkan di TPU Bambu Apus," kata Muhaemin.

Lahan baru tersebut telah ditetapkan Pemprov DKI sebagai tempat pemakaman dengan prosedur Covid-19 karena lahan di TPU Pondok Ranggon telah penuh sejak akhir 2020.

Sebelum lahan baru tersebut dibuka, jenazah pasien Covid-19 yang dirujuk rumah sakit untuk dimakamkan di Pondok Ranggon terpaksa dialihkan ke TPU Tegal Alur, Jakarta Barat, atau TPU Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

TPU Bambu Apus diperkirakan sanggup menampung maksimal 700 jenazah dengan protokol Covid-19.

Muhaemin memastikan seluruh prosedur pembukaan lahan baru telah melalui mekanisme aturan yang berlaku, termasuk izin dari warga di lingkungan sekitar. Dinas Pertamanan dan Kehutanan Kota DKI Jakarta, sudah menyosialisasikan kepada warga sekitar dan tidak muncul penolakan. Sebab, ada permintaan dari warga juga," katanya.

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Mar 2021 01:25 WIB

Haedar Nashir: Tradisi Menulis Ciri Khas Kader Muhammadiyah

Khazanah

Tulisan di media dikoreksi bahasa, substansi dan konteks

07 Mar 2021 22:47 WIB

Gus Muid Kembali Dipilih Pimpin DPC PKB Kota Kediri

Politik

Muscab DPC PKB juga merekomendasikan Gus Muid maju Pilkada

07 Mar 2021 22:30 WIB

Quartararo Akui Kesulitan Pahami Motor M1

MotoGP

Quartararo berharap bisa lebih baik di latihan resmi kedua hari ini.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...