DKI akan Nikahkan Ratusan Pasang Pengantin di Malam Tahun Baru

13 Dec 2018 12:00 Nasional

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali akan menikahkan secara massal warganya pada malam tahun baru 2019 mendatang. Setiap kelurahan di Jakarta akan menikahkan tiga pasang calon.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kamis 13 Desember 2018 mengatakan, proses pembahasan nikah massal telah dilakukan dan tinggal nunggu finalisasi. "Sudah kita bahas. Nanti detailnya saya umumkan," ujarnya.

Sedangkan Kepala Biro Pendidikan, Mental dan Spiritual DKI Jakarta, hendra Hidayat mengatakan untuk nikah massal kali ini, pemerintah akan menyediakan mahar berupa seperangkat alat salat serta uang tunai Rp500 ribu.

Keperluan untuk nikah massal nantinya akan disediakan Bazis DKI setelah sebelumnya DPRD mencoret anggaran untuk nikah massal kali ini.

Sebelumnya pemerintah DKI sebenarnya menganggarkan Rp566 juta untuk nikah massal. Anggaran ini dimasukkan dalam APBD Perubahan 2018, namun DPRD DKI mencoretnya.

Nikah massal sebenarnya juga pernah digelar pemerintah DKI tahun lalu. Saat itu, nikah massal digelar di Park and Ride Thamrin dengan jumlah peserta 437 pasangan.

Saat itu, peserta nikah massal mendapatkan mas kawin berupa emas batangan dari PT Antam seberat 1 gram serta mendapatkan tabungan dari Bank Syariah Mandiri. (man)

Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini