Ditolak Koeman dan Xavi, Barcelona Bidik Pochettino

13 Jan 2020 17:54 Liga Spanyol

Upaya Barcelona untuk mencari pengganti Ernesto Valverde semakin serius. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Blaugrana sedang berupaya mendekati Mauricio Pochettino. Barcelona mengalihkan perhatiannya setelah ditolak oleh dua mantan pemainnya, Xavi Hernandez dan Ronald Koeman.

Valverde saat ini memang sedang tersudut menyusul kekalahan 2-3 Barcelona di semifinal Supercopa de Espana 2020 dari Atletico Madrid baru-baru ini. Desakan untuk melucuti pelatih berusia 55 tahun itu sangat kuat, meski kontraknya baru habis di musim panas 2020 nanti.

Pelatih pertama yang menolak tawaran Barca adalah Koeman. Namun, juru taktik asal Belanda menampik tawaran Barca karena hanya jangka pendek. Apalagi klausul pelepasan pelatih Timnas Belanda ini baru bisa diaktifkan setelah gelaran Piala Eropa nanti.   

Gagal mendapatkan Koeman, Barcelona beralih ke Xavi Hernandez. Bahkan mereka mengirimkan perwakilan untuk menemui Xavi pada Minggu 12 Januari 2020 di Qatar.  

Tapi Barcelona harus kecewa, karena mantan kapten Barca yang kini menangani klub asal Qatar, Al Saad, itu memilih jawaban yang sama. Ia tak bersedia menggantikan posisi Valverde karena hubungannya dengan sang entrenador Barca cukup baik.

Barcelona kemudian mengontak Pochettino pada Minggu 12 Januari 2020 malam. Pelatih asal Argentina tersebut masih dalam kondisi menganggur setelah dipecat oleh Tottenham Hotspur.

Mauricio Pochettino dianggap sosok yang tepat untuk menggantikan Valverde. Pasalnya, meski ia didepak dari kursi pelatih Tottenham Hotspur, Barcelona meyakini pelatih muda itu bisa mengangkat performa Blaugrana di sisa musim ini.

Sampai saat ini belum diketahui apakah Pochettino itu menolak atau menerima pinangan Barca. Sebab, bisa jadi sang pelatih juga memberikan jawaban yang sama dengan Koeman maupun Xavi karena dia punya ikatan historis kuat dengan Espanyol, tim sekota Barca. Pochettino memiliki keterikatan kuat dengan klub yang menjadi rival berat Barcelona tersebut.

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini