Aljannah melahirkan di depan pagarrumah bidan SF. (Antara)

Ditelantarkan Bidan Sampang, Aljannah Melahirkan di Depan Pagar

Jawa Timur 13 July 2020 16:55 WIB

Bidan Desa Ketapang Barat Kecamatan Ketapang, Sampang berinisial SF dilaporkan telah menelantarkan persalinan pasiennya. Ibu hamil bernama Aljannah terpaksa melahirkan di depan rumah bidan tanpa mendapat bantuan medis. Akibatnya, izin praktik SF dibekukan selama tiga bulan, hingga Oktober 2020.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang Agus Mulyadi di Sampang, mengatakan jika sanksi pencabutan izin praktik diberikan karena bidan telah melanggar kode etik kebidanan.

Dalam mengambil sanksi, Dinkes Sampang juga mempertimbangkan usulan dari organisasi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang menyebut telah terjadi pelanggaran serius atas kode etik kebidanan, dalam tindakan menelantarkan seorang ibu yang melahirkan.

"Pencabutan sementara izin praktik ini sebagai bentuk sanksi untuk memberikan efek jera," kata Agus. Sesuai SK, pencabutan praktik berlaku sejak 10 Juli hingga 10 Oktober 2020.

Dengan kejadian ini, Dinkes Sampang meminta semua tenaga kesehatan tetap melayani masyarakat dalam kondisi apapun, karena sudah menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

Sementara Ketua IBI Kabupaten Sampang Rosidah menjelaskan, selain merekomendasikan sanksi pencabutan izin praktik sementara, IBI Sampang juga akan melakukan pembinaan khusus kepada yang bersangkutan. Pihaknya juga telah menjumpai bidan SF dan menurunkan plang praktik di tempat bidan tersebut. “Sanksi ini termasuk kategori pelanggaran sedang karena menyangkut kode etik profesi kebidanan," kata Rosidah.

Sebelumnya, seorang ibu bernama Aljannah (25) warga Desa Ketapang Laok mengalami kontraksi dan melahirkan anak perempuannya di depan pagar rumah bidan Sri Fuji alias SF, pada Sabtu 4 Juli 2020.

Saat itu kerabata Aljannah berupaya meminta tolong agar bidan SF mau membuka pintunya dan membantu persalinan. Namun hingga 30 menit menunggu, bidan SF tak kunjung keluar. Seorang kerabat SF saat itu menyampaikan jika bidan sedang sakit.

"Tapi selang waktu 1 jam setelah anak saya lahir, bidan Sri Fuji menemui istri menggunakan APD lengkap, kurang tahu kenapa padahal tadi bilangnya sedang sakit," ujar Zainuri (29) suami Aljannah.

(Antara)

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Aug 2020 13:20 WIB

Ponorogo Gelar Balap Sepeda saat Pandemi Covid-19

Jawa Timur

Bupati Cup Ponorogo Drag Bicycle 2020 digelar, Minggu 9 Agustus 2020.

09 Aug 2020 12:46 WIB

Lakon Sabdo Pandito Rakjat Berkisah Tentang Dalang Ki Nartosabdo

Hiburan

Sore ini bisa disaksikan secara streaming di Youtube.

09 Aug 2020 12:20 WIB

Video Latihan Anggota Paskibra yang hanya Berjumlah 8 Orang

Nasional

Paskibraka tak menyangka bisa dua kali bertugas gara-gara corona.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...