Final Copa del Rey 2019Ditekuk Valencia, Barcelona Gagal Raih Copa del Rey

26 May 2019 03:58 Liga Spanyol

Barcelona gagal meraih double winner setelah ditekuk Valencia 1-2 di final Copa del Rey, Minggu 26 Mei 2019 yang berlangsung di Estadio Benito Villamarin.

Di pertandingan ini Barcelona tampil tak seperti biasanya. Tim besutan Ernesto Valverde itu tak mampu mendominasi penguasaan bola akibat pressing ketat yang dilakukan para pemain Valencia.

Sebaliknya, Valencia merajalela. Tekanan bertubi-tubi yang mereka lancarkan membuahkan sejumlah peluang. Hasilnya di menit ke-21, Kevin Gameiro berhasil membobol gawang Barca setelah memanfaatkan umpan Jose Gaya.

Unggul 1-0, Valencia kian tak terbendung. Barcelona dibuat kewalahan menahan gempuran Los Che. Situasi ini dimanfaatkan Valencia untuk menambah keunggulan. Kali ini Rodrigo Moreno yang mencatatkan namanya di papan skor setelah tembakannya melesak mulus ke gawang Jasper Cillesen, skor 2-0 untuk keunggulan Valencia. Hingga babak pertama usai, skor ini tak berubah.

Di babak kedua, Blaugrana tak juga berhasil keluar dari tekanan Valencia. Penampilan agresif anak buah Marcelino Garcia membuat Barcelona kesulitan mengembangkan permainan.

Keasyikan menyerang, Valencia lengah. Celah itu mampu dimanfaatkan Barcelona untuk memperkecil ketertinggalan setelah Lionel Messi berhasil membobol gawang Jaume di menit ke-73.

Namun, gol La Pulga menjadi satu-satunya gol Barcelona di pertandingan ini. Karena hingga wasit Alberto Undiano meniupkan peluit panjang, skor 2-1 untuk keunggulan Valencia tak berubah.

 

Kekalahan ini menjadi hasil buruk kedua Barcelona di sepanjang musim 2018-2019. Sebab, sebelumnya langkah mereka di Liga Champions juga dihentikan Liverpool lewat keunggulan agregat 4-3, menang 3-0 di Camp Nou, tapi kalah 0-4 di Anfield.

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini