Ditanya Soal Jadi Menteri Lagi, Susi Bungkam

30 Jun 2019 11:11 Politik

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti enggan menanggapi perkiraan dirinya bakal kembali masuk jajaran menteri kabinet Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih Jokowi-Ma'ruf Amin, atau tidak. Ia nampak tak mau berandai-andai.

Hal itu disampaikan Susi, usai membesuk Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang tengah terbaring sakit di Insentive Care Unit (ICU) Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSUD dr Soetomo, Surabaya, Sabtu, 29 Juni 2019.

"Saya nggak tahu," jawab Susi, singkat, sembari menutup pintu mobilnya.

Sebagaimana diketahui, KPU akan segera menetapkan petahana Jokowi-Ma'ruf Amin, sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024.

Hal itu berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak semua gugatan sengketa Pilpres 2019 yang diajukan oleh kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Kini, kencang berhembus spekulasi soal siapa saja yang bakal menempati jajaran kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. Sejumlah menteri Kabinet Kerja yang lalu, seperti Susi belum jelas nasibnya, apakah akan ditunjuk kembali atau dilengserkan.

Kiprah Susi sendiri tak perlu diragukan lagi, yang terbaru ia masuk dalam daftar 10 besar pemikir terbaik dunia versi majalah Foreign Policy, karena keberaniannya memberantas illegal fishing.

Susi juga selalu membuat banyak orang takjub dengan ketegasannya dalam membela hak para nelayan dan caranya melindungi laut Indonesia.

Seperti yang kita tahu, kasus terkait penenggelaman kapal ilegal di perairan Indonesia sempat menjadi bahan perbincangan publik, bahkan dunia internasional. (frd)

Penulis : Farid Rahman
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini