Dispora Surabaya Wacanakan Bangun Lapangan Latihan di Area GBT

09 Nov 2019 16:08 Surabaya

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surabaya mendapatkan masukan dari PSSI terkait standar tempat latihan untuk Piala Dunia U-20 yang berdekatan dengan Stadion Gelora Bung Tomo Suranaya.

Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Prasarana Dispora Surabaya, Edi Santoso mengatakan akan mengusulkan pembangunan dua lapangan di area Stadion GBT. Hal ini dilakukan merujuk dari saran yang diberikan oleh PSSI untuk memenuhi standar venue Piala Dunia U-20 tahun 2021 oleh FIFA.

"Intinya, setiap apa yang dikerjakan di Stadion GBT ini kami selalu diskusi dengan PSSI, agar tak menyimpang dari standar FIFA. Apalagi baru saja kami mendapat masukan untuk mendirikan lapangan latihan di area stadion, tentu itu cukup bagus," kata Edi, Sabtu 9 November 2019.

Menurut Edi pihaknya telah mengusulkan ada dua lapangan latihan yang akan dibangun di Area Stadion GBT, yakni di sisi Utara dan Timur. Pembangunan dua lapangan ini, tujuannya juga agar tempat training untuk negara peserta Piala Dunia U-20 agar tak keluar dari Kota Surabaya.

"Ya kita usulkan dan kalau oke akan langsung digarap. Ada dua lapangan latihan di utara dan timur stadion. Kita akan pakai lapangan latihan sesuai standar FIFA. Kami juga akan perbanyak lapangan latihan agar tak keluar dari Kota Surabaya," ujar Edi.

Sebelumnya PSSI Jatim mengajukan dua lapangan latihan di luar Kota Surabaya, yakni Gelora Delta Sidoarjo, dan Gelora Joko Samudro Gresik. Sedangkan lapangan dalam kota Surabaya yang bisa digunakan untuk latihan adalah lapangan ITS, Unesa, Karanggayam dan 10 November.

Sementara, Pemkot Surabaya telah menyiapkan tiga lapangan lain di Lakarsantri, Sambikerep dan Sememi. Saat ini memang ketiga lapangan tersebut sedang dalam tahap renovasi untuk menyesuaikan dengan standar lapangan latihan yang ditetapkan FIFA.

"Semua kita progreskan cocok atau tidak sesuai dengan FIFA, selama enam bulan ini kita akan dapat evaluasi apa saja yang harus kita kerjakan. Artinya semua perencanaan kita harus benar-benar mateng," ucap Edi.

Diketahui sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Eri Cahyadi menyebut Pemkot Surabaya serius membenahi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) untuk persiapan pemilihan venue Piala Dunia U-20 2021. Dana Rp100 miliar telah dianggarkan.

"Pemerintah Kota dalam perencanaan pembangunan untuk Piala Dunia benar-benar all out, dengan hampir total anggaran sampai Rp100 miliar," ujar Eri.

Penulis : Haris Dwi
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini