Vaksin covid-19 tiba di gudang penyimpanan khusus vaksin di kantor Dinas Kesehatan Banyuwangi Selasa malam (foto: Muh Hujaini/Ngopibareng.id)
Vaksin covid-19 tiba di gudang penyimpanan khusus vaksin di kantor Dinas Kesehatan Banyuwangi Selasa malam (foto: Muh Hujaini/Ngopibareng.id)

Banyuwangi Dapat Kiriman Vaksin 5.400 Dosis

Ngopibareng.id Jawa Timur 26 January 2021 23:04 WIB

Alokasi vaksin covid-19 untuk Banyuwangi telah tiba, Selasa, 26 Januari 2021 malam. Banyuwangi menerima vaksin sebanyak 5.400 dosis.

Vaksin ini rencananya akan didistribusikan ke fasilitas kesehatan (faskes) yang melayani vaksinasi covid-19 pada Rabu, 27 Januari 2021.

"Ada 5.400 dosis (vaksin) dan memang itu belum mencukupi untuk semua nakes (tenaga kesehatan). Tetapi provinsi sudah menjanjikan kekurangannya akan dikirim dalam beberapa hari ke depan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono.

Jumlah vaksin yang datang malam ini memang lebih rendah dari kebutuhan vaksin untuk nakes Banyuwangi yang telah terverifikasi untuk mendapatkan vaksin pada tahap pertama dengan jumlah 6.080 Nakes.

Ia menambahkan, vaksin covid-19 yang tiba malam ini adalah untuk dosis pertama. Untuk dosis kedua akan datang kurang dari 14 hari setelah vaksinasi tahap pertama dilakukan. Karena vaksinasi covid-19 dengan vaksin Sinovac ini diberikan dalam 2 dosis dengan interval waktu 14 hari.

"Ini hanya dosis pertama. Dosis kedua belum datang,” kata pria yang juga Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Banyuwangi ini.

Malam ini, vaksin covid-19 disimpan kamar vaksin. Selanjutnya, Rabu pagi seluruh faskes yang melayani vaksinasi akan mengambil vaksin secara bertahap. Pengambilan vaksin disesuaikan jadwal yang telah dibuat Dinas Kesehatan Banyuwangi.

"Kita buat jadwal agar tidak terjadi penumpukan saat proses pengambilan vaksin,” ujarnya.

Widji menambahkan, vaksinasi serentak akan diawali dengan pemberian vaksinasi pada 10 tokoh mulai dari bupati, wakil bupati, Forkopimda, Ketua MUI yang juga Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) serta Ketua Tim Penggerak PKK Banyuwangi.

“Hari Kamis adalah kick off vaksinasi serentak di Banyuwangi yang akan dilakukan di Pendopo saba Swagata Blambangan," katanya.

Sementara itu, Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifuddin menyatakan, selama disimpan di gudang penyimpanan vaksin yang ada di Dinas Kesehatan Banyuwangi, petugas Kepolisian, TNI dan Satpol PP akan melakukan penjagaan secara ketat.

"Jadi, malam ini vaksin diamankan di gudang Kantor Dinas Kesehatan Banyuwangi. Ada 45 personil TNI, Polri dan Satpol PP yang ditugaskan menjaga vaksin,” katanya.

Untuk pendistribusian, puskesmas akan akan dikawal muspika setempat. "Camat, danramil hingga kapolsek sudah diarahkan untuk menjemput.

 

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2021 19:52 WIB

Pameran Kaktus Koboi Bernilai Jutaan Rupiah Digelar di Surabaya

Entertainment

Pameran tanaman hias jenis kaktus digelar di Grand City, Surabaya.

28 Feb 2021 19:35 WIB

Pemancing Banyuwangi Hilang Ditelan Ombak Pantai Selatan

Jawa Timur

Diterjang Ombak Laut Selatan, Pemancing Dinyatakan Hilang

28 Feb 2021 19:20 WIB

Lumajang Diterjang Banjir, Bupati Thoriq Paparkan Sebabnya

Bencana

Hujan yang tinggi dan lahar dingin Semeru membuat air sungai meluap.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...