Diresmikan Jokowi, Tol Paspro Digratiskan 1-2 Pekan

10 Apr 2019 16:50 Jawa Timur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya meresmikan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) sepanjang 31,3 kilometer di Gerbang Tol Probolinggo Timur di Desa Clarak, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Rabu, 10 April 2019.

Selain siap memperlancar kepadatan lalulintas Pasuruan-Probolinggo, Tol Paspro siap digunakan untuk arus mudik dan balik Lebaran mendatang.

Saat peresmian Tol Paspro, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Widodo. Tampak pula Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

"Alhamdulillah, Tol Paspro bisa kita resmikan, masyarakat bisa lebih mudah akses jalannya. Warga bebas memilih bisa lewat tol, jalan nasional, maupun jalan provinsi,” ujar presiden dalam sambutannya.

Presiden mengatakan, Merak-Probolinggo (962 kilometer) sudah tersambung jalan tol. Kelak pada 2021, Merak-Banyuwangi (1.148 kilometer) juga akan tersambung tol. "Setelah Tol Paspro, tinggal Probolinggo-Banyuwangi atau Probowangi sepanjang 186 kilometer yang akan tembus pada 2021," ujarnya.

Usai peresmian tol dengan ditandai penekanan tombol sirine bersama-sama, presiden kemudian berjalan kaki meninjau Gerbang Tol Probolinggo Timur. Setelah itu di hadapan awak media, mantan Wali Kota Surakarta itu itu mengatakan, sejumlah manfaat Tol Paspro.

Presiden Jokowi didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau Gerbang Tol Probolinggo Timur Foto Ikhsanngopibarengid
Presiden Jokowi didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau Gerbang Tol Probolinggo Timur. (Foto: Ikhsan/ngopibareng.id)

Presiden menyebutkan di antaranya, Tol Paspro mempercepat perjalanan dari Pasuruan-Probolinggo, mempercepat mobilitas kendaraan, orang, dan logistik. Bahkan, Tol Paspro siap digunakan saat arus mudik dan balik Lebaran mendatang.

“Yang jelas sudah diresmikan, untuk sementara digratiskan dulu seminggu dua minggu ke depan,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Hal senada diungkapkan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya. "Tol Paspro bisa mengurangi kepadatan arus lalulintas Pasuruan-Probobolinggo antara 50 sampai 60 persen," ujarnya.

Selain mendukung keberadaan Pelabuhan Tanjung Tembaga, Probolinggo, kata gubernur, Tol Paspro juga mempermudah akses jalan ke objek wisata Gunung Bromo.

Seperti diketahui, Tol Paspro (31,3 kilometer) merupakan bagian dari Tol Trans Jawa yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) . Tol Paspro memiliki tiga gerbang tol (GT) yakni GT Tongas, GT Probolinggo Barat, dan GT Probolinggo Timur.

Akses bebas hambatan tersebut dibangun dengan investasi sebesar Rp 4,6 triliun untuk tiga seksi dengan konsesi 50 tahun. Seksi I Grati Pasuruan-Tongas, Seksi II Tongas-Probolinggo Barat dan Seksi III Probolinggo Barat-Probolinggo Timur. Tarif yang diusulkan kepada Jasamarga sebesar Rp 1.185 per kilometer. (isa)

Reporter/Penulis : Ikhsan Mahmudi
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini