Pemain Persik Kediri gelar latihan di Stadion Brawijaya, Kediri. (Foto: Fendi Plesmana/Ngopibareng.id)
Liga indonesia

Laga Persik Kediri Lawan Persiraja, Dinkes Kediri Turunkan 2 Tim

Liga Indonesia 13 March 2020 21:25 WIB

Mengantisipasi penyebaran virus corona, Dinas Kesehatan Kediri akan menurunkan dua tim melakukan pemeriksaan terhadap suhu badan para pemain dan penonton. Pemeriksaan suhu badan para pemain ini akan dilakukan 90 menit sebelum menjelang pertandingan kick off antara tuan rumah Persik Kediri melawan Persiraja Banda Aceh. Sedangkan pemeriksaan suhu badan untuk para penonton hanya untuk tribun VIP Stadion Brawijaya.

Dokter Fauzan Adima selaku Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri ketika dikonfirmasi membenarkan, jika pihaknya kemarin telah menerima surat permintaan dari manajemen Persik dengan melampiri surat pedoman operator liga.

"Intinya tim dari Dinas Kesehatan dan RSUD Gambiran Kota Kediri akan mengirimkan perkiraan sekitar 2 tim. Karena sementara ini informasi dari manajer Persik perlu dipantau di ruang VIP dulu, sama dipintu masuk penonton," terang pria yang juga menjabat sebagai Direktur RSUD Gambiran ini Jumat , 14 Maret 2020 sore.

Dokter Fauzan menambahkan, para tenaga medis ini nantinya akan dibekali peralatan pengukur suhu badan atau screning termometer. Di samping itu, petugas medis juga telah menyiapkan berupa cairan untuk pembersih tangan.

"Kita hanya screning suhu tubuh saja, sama kita sediakan untuk alat cuci tangan. Mereka terdiri dari dua tim, satu tim ada empat orang. Mereka diketuai satu orang dokter," imbuhnya.

Dijelaskan kembali oleh Dr Fauzan Adima parameter untuk ukuran suhu badan normal pada manusia adalah 38 derajat. Apabila nantinya ditemukan penonton atau pemain yang memiliki suhu badan di atas 38 derajat celcius pihaknya akan langsung mengambil tindakan.

"Kita langsung evakuasi. Kita tanya adakah riwayat kontak dengan penderita atau pernah nggak berpergian ke luar negeri dalam dua minggu sebelumnya. Kalau ada tanda-tanda itu kota rujuk ke rumah sakit atau kita lakukan pengawasan," paparnya.

Sebaliknya, apabila dalam pemeriksaan belakangan diketahui bahwa bersangkutan tidak ada riwayat pernah kontak dengan penderita virus corona dan sama sekali belum pernah bepergian ke luar negri, maka dalam hal ini pihak tim medis hanya akan melakukan pemantauan saja.

Sementara itu Canda Adi Surya selaku media officer Persik Kediri ketika ditanya membenarkan aadanya pemeriksaan suhu badan terhadap para pemain nantinya. Menurutnya, semua pemain tak terkecuali akan diperiksa suhu badannya 90 menit menjelang kick off pertandingan Persik Kediri melawan Persiraja Banda Aceh.

"Pemeriksaan hanya meliputi suhu badan saja. Apabila nanti ditemukan dengan suhu badan diatas 38 , maka bersangkutan dilarang untuk masuk ke dalam lapangan," kata pemuda yang akrab disapa Cas ini.

Penulis : Fendhy Plesmana

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Aug 2020 22:45 WIB

Surabaya Zona Merah, Persebaya Tunda Latihan di Lapangan

Liga Indonesia

Persebaya belum kumpulkan pemain dan pelatih.

06 Aug 2020 11:40 WIB

Arema FC Buka Lowongan Pelatih, Ini Kriterianya

Liga Indonesia

Diutamakan yang berlisensi dan lebih diminati sponsor.

04 Aug 2020 16:46 WIB

Ditinggal Mario Gomez, Arema FC Cari Pelatih Pengganti

Liga Indonesia

Arema FC mencari pelatih yang sesuai dengan surat keputusan PSSI

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...