Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Wahid Wahyudi. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)

Dindik Jatim Telusuri Kepsek di Pacitan yang Terpapar Covid-19

Pendidikan 04 June 2020 16:36 WIB

Dinas Pendidikan Jawa Timur kembali dibuat heboh dengan kabar seorang kepala sekolah berasal dari Kabupaten Pacitan yang kini dinyatakan terpapar virus corona atau Covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Wahid Wahyudi, menyatakan kini pihaknya langsung melakukan penelusuran mengapa kepala sekolah tersebut bisa terkonfirmasi positif. Sebab, ada dua kemungkinan, selain terpapar karena mengikuti prosesi pelantikan kepala sekolah dan pengawas di Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim atau dari tempat lain.

“Ada informasi satu kepala sekolah masuk RS, namun kondisinya sudah cukup baik. Dia kena Covid, sebab rumahnya masuk zona merah,” kata Wahid, 4 Juni 2020.

Belum jelas dari mana ia tertular, namun ia menyampaikan, bahwa kepala sekolah tersebut awalnya memiliki riwayat penyakit diabet, sakit tenggorokan, dan darah rendah. “Jadi sudah sering keluar masuk RS,” ungkapnya.

Wahid menegaskan, bahwa prosesi pelantikan yang dilakukan di BKD Jatim, 20 Mei lalu telah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Sejak sebelum masuk, lanjut Wahid, para peserta pelantikan diharuskan mencuci tangan melalui tempat-tempat yang disediakan di depan pintu masuk. Setelah itu para peserta menggunakan hand sanitizer yang diberikan oleh petugas yang berjalan. Kemudian ada pembagian masker dari petugas kepada peserta, serta ada pengaturan jarak 1-1,5 meter.

“Pelantikan pun berjalan sangat singkat hanya, 30 menit, setelah itu MC BKD Jatim selesai pelantikan mengumumkan agar segera meniggalkan ruang. Namun setelah itu ada yang meluapkan kegembiraannya berfoto dan mungkin supaya mudah dikenali, masker diturunkan atau dilepas. Ini yang harusnya tidak terjadi,” aku Wahid.

Untuk itu, Dindik Jatim mengambil langkah dengan melakukan pemeriksaan rapid tes kepada seluruh peserta pelantikan. Hasilnya, untuk sementara 70 persen dinyatakan negatif.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Aug 2020 12:45 WIB

ASN Terkonfirmasi Covid, Pemkot Batu Terapkan Kebijakan WFH

Jawa Timur

Diketahui ada 2 ASN di DPRD dan 1 ASN di Dinkes positif Covid-19.

14 Aug 2020 11:40 WIB

Presiden Jokowi Sindir Media Jangan Hanya Kejar Click dan Like

Nasional

Semestinya, media tidak dikendalikan teknologi.

14 Aug 2020 11:20 WIB

Naskah Pidato Presiden Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR 2020

Nasional

Berbagai terobosan disampaikan presiden dalam menghadapi pandemi covid-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...