Kepala Bidang Sekolah Menengah Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya Sudarminto. (Foto: Pita Sari/Ngopibareng.id)

Dinas Pendidikan Kota Surabaya Bantu Sekolah Swasta Kurang Murid

Pendidikan 04 July 2020 17:13 WIB

Tahun ajaran baru 2020/2021 akan segera dimulai pada 13 Juli 2020. Sayangnya, permasalahan seperti tahun sebelumnya di mana sekolah swasta di Surabaya kekurangan murid, kembali terjadi. Salah satunya ialah SMP Taman Siswa Surabaya yang masih mendapatkan 7 murid, hingga berita ini diturunkan redaksi Ngopibareng.id.

Menanggapi hal tersbut, Kepala Bidang Sekolah Menengah Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya Sudarminto mengatakan, sekolah swasta agar bersabar karena pendaftaran SMP Negeri baru berakhir pada Kamis, 2 Juli lalu.

"Kan pendaftaran SMP Negeri baru saja berakhir. Jadi mungkin yang tidak diterima di sekolah negeri sekarang sedang mencari SMP swasta untuk mendaftar," ungkap Sudarminto.

Sudarminto juga mengungkapkan, akan membatu sekolah swasta yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Surabaya untuk mendapatkan peserta didik baru.

"Caranya nanti kami akan berikan data siswa ke pihak sekolah. Nantinya, pihak sekolah tersebut akan menghubungi calon peserta didik baru yang ada di data," jelasnya.

Menurut Sudarminto, kesempatan sekolah swasta untuk mendapatkan murid sangat terbuka lebar. Sebab, tahun ini ada sekitar 46.000 lulusan sekolah dasar (SD). Sedangkan kuota SMP Negeri hanya tersedia 20.000. Jadi sisanya kemungkinan 'lari' ke swasta.

"Itu artinya masih ada 26.000 siswa yang bisa diperebutkan sekolah swasta. Sekolah swasta kan sekolah yang diselenggarakan masyarakat, yang namanya sekolah ya harus berkompetisi. Dalam hal ini kompetisi di bidang mutu. Toh, kita sudah memberikan peluang yang besar," papar Sudarminto.

Tak hanya itu, pihaknya juga memberikan fasilitas sekolah gratis bagi para siswa yang ada di sekolah swasta. Terutama bagi mereka yang masuk dalam mitra warga.

"Kami juga mempunyai data anak mitra warga atau MBR yang tidak diterima di SMP Negeri. Nah, mereka-mereka juga akan difasilitasi sekolah gratis selama tiga tahun. Kami sudah bekerja dengan CSR perusahaan agar mereka dapat fasilitas tersebut," imbuhnya.

Bagi para orangtua mitra warga yang anaknya tidak diterima di SMP Negeri, Sudarminto berpesan agar tidak galau. Karena, mereka akan dihubungi sekolah swasta yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

Penulis : Pita Sari

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Aug 2020 09:58 WIB

Jangan Lupa, Sore Ini Pengumuman SBMPTN

Pendidikan

Peserta yang lolos SBMPTN diminta mencermati informasi perguruan tinggi.

14 Aug 2020 09:46 WIB

Ini Keistimewaan Sidang Tahunan MPR di Tengah Pandemi Covid-19

Nasional

Sidang tahunan MPR kali ini hanya diikuti separoh dari anggota MPR.

14 Aug 2020 09:18 WIB

Episode Terakhir The K2: Cloud Nine Diledakkan Sung Won

ngopiK-pop

Pertikaian Yoo Jin dan Sung Won berujung peledakan Cloud Nine.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...