Google bakal monetisasi Google Photos. (ilustrasi/unsplash.com)
Google bakal monetisasi Google Photos. (ilustrasi/unsplash.com)

Dimonetisasi, Google Photos Bakal Ditawarkan Berbayar?

Ngopibareng.id Aplikasi 08 November 2020 12:25 WIB

Google dikabarkan akan memonetisasi Google Photos dengan menghadirkan layanan berlangganan. Layanan berlangganan ini memungkinkan pengguna bisa menerima 10 foto cetak setiap bulan, serta fitur pengeditan eksklusif untuk pelanggan Google One.  

Lebih jauh, dilansir dari The Verge, sebagai anggota Google One, pengguna bisa mendapatkan akses ke fitur pengeditan tambahan. Pengguna yang berlangganan bisa membuka lebih banyak fitur pengeditan dan ruang penyimpanan (storage amount), menggunakan Google One.

Namun layanan ini menurut Google, tidak mengunci fitur color pop gratis. Layanan berlangganan hanya menawarkan versi baru yang dapat digunakan pada lebih banyak foto daripada sebelumnya. Di Google Photo, "color pop" adalah fitur yang terus tersedia bagi siapa saja untuk digunakan, tanpa biaya, untuk foto dengan informasi kedalaman (seperti mode potret).

Sebagai bagian dari peluncuran berkelanjutan yang dimulai awal tahun ini, anggota Google One dapat menerapkan fitur tersebut ke lebih banyak foto orang, termasuk foto yang tidak memiliki informasi detil. Namun, fitur pengeditan lain belum ditawarkan secara umum. Google diduga akan menawarkan fitur ini secara eksklusif kepada pelanggan Google One.

Dengan biaya langganan bulanan mulai dari 1,99 dolar AS per bulan (untuk 100 GB penyimpanan cloud yang tersebar di seluruh layanan Google), Google One dianggap tidak terlalu mahal. Ini juga digunakan untuk backup perangkat Android.

Selain itu, Google juga mengumumkan bahwa mereka menambahkan fitur VPN untuk pelanggan Google One dengan paket 9,99 dolar AS per bulan (penyimpanan 2TB). (Ant)

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2021 22:10 WIB

Tak Jadi di Situbondo, Artidjo Alkostar Dimakamkan di UII Jogja

Nasional

Tak jadi dimakamkan di Situbondo.

28 Feb 2021 21:52 WIB

Arsenal Menang Besar di Kandang Leicester City

Liga Inggris

Leicester City harus telan pil pahit setelah kalah dari Arsenal 1-3.

28 Feb 2021 21:32 WIB

Atta Halilintar Diangkat Jadi Presiden Komunitas Motor Listrik

Ngopitainment

Bamsoet angkat Atta sebagai presiden komunitas motor listrik Indonesia.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...