Ilustrasi (Foto: dok. RSMU)
Ilustrasi (Foto: dok. RSMU)

Dilakukan Hanya 2 Menit, Ini Manfaat Yag Laser

Ngopibareng.id RS Mata Undaan 04 December 2019 17:39 WIB
RS Mata Undaan

Teknik pengobatan laser dengan menggunakan Yag Laser tentu sudah umum dilakukan. Namun, beberapa orang masih kebingungan tentang apa manfaatnya dan digunakan untuk apa teknik pengobatan laser ini.

Untuk meluruskan hal ini, dr. Rita Tjandra, Sp.M sub spesialis Vitreoretina dari Rumah Sakit Mata Undaan (RSMU) menjelaskan, teknik Yag Laser ini digunakan untuk kondisi kekeruhan kapsul mata posterior (PCO), juga untuk kondisi glaukoma, yakni Laser Peripheral Iridotomi (LPI).

"Manfaat pengobatan mata dengan teknik Yag Laser ialah merobek lubang di tengah kapsul lensa yang mengalami kekeruhan, untuk kondisi PCO," ungkap dokter yang akrab disapa Rita ini.

Sedangkan untuk glaukoma, lanjut Rita, teknik ini bermanfaat untuk mengecilkan pupil mata. Supaya tekanan bola mata tidak semakin tinggi.

Menurut Rita, adapun syarat untuk melakukan teknik pengobatan ini ialah mata tidak dalam keadaan infeksi. Kalau untuk kondisi glaukoma sebaiknya dilakukan dalam keadaan tekanan bola mata tidak terlalu tinggi.

"Biasanya untuk kondisi glaukoma setelah melakukan Yag Laser tidak diperbolehkan menyetir dulu. Karena kondisi matanya belum stabil," jelas Rita.

Rita mengungkapkan, teknik Yag Laser tidak seperti teknik operasi pada umumnya. Untuk melalukan pengobatan ini pasien hanya perlu duduk dan akan ditindak dengan alat Yag Laser.

"Tindakannya tidak lama. Pasien hanya duduk lalu 2 menit selesai. Tapi manfaatnya besar untuk penglihatan," imbuhnya.

RSMU yang berlokasi di Jalan Undaan Kulon 17-19 Surabaya dapat melayani tindakan Yag Laser. Rita menambahkan, bila kondisi pasien bagus tindakan ini bisa dilakukan saat itu juga.

Tunggu apalagi periksakan kondisi mata Anda sejak dini di RSMU. Karena pemriksaan mata rutin adalah bentuk pencegahan gangguan pada penglihatan di masa depan.

Penulis : Pita Sari

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

11 Jan 2021 15:43 WIB

CDC RS Mata Undaan Pelatihan Tenaga Eksisi untuk Donor Kornea

RS Mata Undaan

Pelatihan teknis menambah cakupan donor mata.

29 Dec 2020 10:35 WIB

CDC RS Mata Undaan Sosialisasi Donor Kornea Bersama Rotary Club

RS Mata Undaan

Calon pendonor sekarang lebih mudah untuk mendaftar.

24 Dec 2020 18:00 WIB

Mau Staycation di Hotel Gratis, Yuk Kepoin Akun IG RSMU

RS Mata Undaan

Ikuti challenge RSMU dengan mengikuti akun IG @rs.mataundaan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...