Sejumlah truk pemadam kebakaran dikerahkan. (Foto: Asmanu/Ngopibareng.id)

Dikira Terbakar Gedung Nusantara III Geger Dikurung Asap Tebal

Nasional 24 February 2020 13:40 WIB

Anggota DPRI dan karyawan berlarian meninggalkan Gedung Nusantara III DPR RI Senayan. Kejadian ini disebabkan asap tebal yang tiba-tiba mengurung ruangan gedung lantai III. Di gedung lantai III terdapat ruang kerja Ketua DPR RI Puan Maharani dan pimpinan DPR lainnya serta ruang rapat.

Anggota dewan, karyawan dan tamu menyangka Gedung DPR ini terbakar. Sehingga mereka berlarian menembus asap tebal tersebut untuk menyelamatkan diri. Suasana semakin gaduh dan menceksm setelah melihat mobil pemadam kebaran berdatangan.

Mereka baru menyadari kalau bukan kebakan setelah keluar dari gedung tidak melihat kobaran api. Dan asap yang membuat geger DPR perlahan hilang.

Asap menyelimuti lobi Gedung DPR RI Suasana di Gedung DPR oleh beberapa saksi dikatakan cukup mencekam ketika asap tibatiba keluar dan mengurung Gedung Nusantara III Foto AsmanuNgopibarengidAsap menyelimuti lobi Gedung DPR RI. Suasana di Gedung DPR oleh beberapa saksi dikatakan cukup mencekam ketika asap tiba-tiba keluar dan mengurung Gedung Nusantara III. (Foto: Asmanu/Ngopibareng.id)

Pantauan Ngopibareng di Gedung Nusantara III sudah kondusif. Beberapa unit mobil pemadam kebakaran sudah ditarik dari Gedung DPR Senayan.

Saksi mata, staf anggota DPR Lisa mengatakan sempat ketakutan, karena dia bekerja di lantsi II. "Tidak panas sih, cuma asap tebal aja yang tiba-tiba keluar. Dan saya tadi turun lewat tangga, bareng teman-teman," kata Lisa.

Sekjen DPR RI Indra Iskandar mengatakan, kejadian itu bukan kebakaran. Gedung Nusantara III di bawah kura-kura itu masih utuh. Tidak ada yang hangus. "Semua panik karena tiba tiba ada asap dan aerosol di gedung DPR ini sensitif dan sering korsleting," kata Indra.

Indra menyebut ada sistem aerosol yang error. Karena aerosol hang, muncullah asap putih pekat.

"Sistem aerosolnya ada yang hang," kata Indra Iskandar.

Meski demikian, alarm kebakaran tetap nyala ketika ada sistem aerosol itu hang. Menurutnya, saat ini gedung DPR tengah direnovasi. Dan sama sekali tidak api.

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Apr 2020 00:52 WIB

Bintang Film Jaws Meninggal karena Komplikasi Corona

Film

Bintang film Jaws, Lee Fierro meninggal di usia 91 tahun.

07 Apr 2020 00:37 WIB

Drama Korea Once Again Raih Rating Tinggi

ngopiK-pop

Baru saja tayang, drama Korea Once Again mencuri perhatian penonton.

07 Apr 2020 00:22 WIB

Sepekan Sakit Covid-19, PM Inggris Dilarikan ke Rumah Sakit

Internasional

Boris Johnson menyerahkan tugasnya pada pejabat lain.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.