Dikira Semburan Lapindo, Pipa PDAM Zaman Belanda Jebol di Porong

15 Nov 2018 17:45 Jawa Timur

Semburan air tiba-tiba keluar di pinggir Jalan Raya Porong dekat tanggul penahan lumpur Sidoarjo. Warga awalnya mengira keluarnya air dari pinggir aspal merupakan semburan baru Lumpur Lapindo.

"Kami sudah cek, itu bukan semburan baru. Itu pipa PDAM bocor. Kan memang ada saluran PDAM di sekitar situ," kata Humas Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS) Hengki Listia Adi, Kamis 15 November 2018.

Menurut Hengki, pihaknya telah melakukan pengecekan kualitas air yang keluar dan ternyata memang air bersih dan jernih yang merupakan air PDAM.

Hengki sendiri membantah jika jebolnya pipa PDAM akiat adanya amblesan tanah. Dari penelusuran PPLS, pipa PDAM tersebut memang pipa tua berusia sekitar 90 tahun yang biasa mengalirkan air PDAM dari Umbulan ke Surabaya.

PDAM sendiri saat ini juga mulai melakukan perbaikan dengan cara melakukan penutupan pipa yang bocor. Pipa yang bocor berada di pinggir Jalan Raya Porong, Desa Siring atau tak jauh dari tol buntung (kawasan yang dulu dilintasi Layang Tol Porong).

Sementara itu, kejadian ini sempat membuat warga kaget dan mengira adanya semburan baru Lapindo. Beberapa video yang diambil warga terkait semburan inipun juga sempat viral di media sosial. (man)

Penulis : Rohman Taufik
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini