Lionel Messi kembali diistirahatkan. (Foto: Twitter/@FCBarcelona)
Lionel Messi kembali diistirahatkan. (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

Dijamu Ferencvaros, Koeman Kembali Istirahatkan Messi

Ngopibareng.id Liga Champions 01 December 2020 22:45 WIB

Ada perbedaan dalam mengelola tim Barcelona era Ronald Koeman. Tak seperti pelatih-pelatih sebelumnya yang mengeksploitasi Lionel Messi, Koeman memilih untuk mengatur ritme bintangnya itu agar terus tampil kompetitif di setiap penampilannya.

Setelah melewatkan kemenangan tandang 4-0 atas Dynamo Kiev, Messi dipastikan kembali absen ketika Barcelona melawat ke markas Ferencvaros dalam matchday 5 babak penyisihan Grup G Liga Champions 2020/2021.

Keberadaan Messi dalam lawatan kali ini memang tak ada urgensinya. Sebab, Barcelona telah memastikan lolos ke babak 16 besar. Pada matchday 6 kontra Juventus, Barcelona hanya membutuhkan hasil seri untuk memastikan lolos sebagai juara grup.

"Tidak biasa bagi Messi untuk beristirahat, saya tahu ini. Tapi saya telah berbicara dengannya tentang hal itu, tapi keputusan ada di tangan saya," Koeman menjelaskan dalam konferensi pers sebelum pertandingan seperti dikutip dari Marca.

"Mengingat cara pengaturan kalender musim ini, ada dua momen ketika saya bisa mengistirahatkannya, di Kiev dan besok,” tuturnya.

"Kami sudah lolos, dan dengan cara ini saya bisa memberikan kesempatan kepada pemain lain. Kami harus memenangkan pertandingan hari Sabtu di LaLiga, jadi ini waktu yang tepat baginya untuk beristirahat. Setelah besok, tidak akan ada kesempatan lain untuk melakukan itu," jelas juru taktik asal Belanda ini.

Target Juara Grup

Koeman tak menampik bahwa Messi adalah bagian integral dalam sistem permainan yang ia bangun sejak kedatangannya di Barcelona.

Meski membutuhkan waktu, kerja sama Messi dengan Antoine Griezmann terus menunjukkan perkembangan yang cukup baik. Ia juga menyebutkan betapa pentingnya peran Messi, bukan sekadar untuk mencetak gol, tapi umpan-umpan matangnya yang memudahkan pemain lain untuk menembus pertahanan lawan.

"Dia sangat penting dalam serangan kami, karena jika bola sampai ke dia, maka ada pergerakan," katanya.

"Messi tidak bisa selalu mencetak lebih dari 30 gol, tetapi umpannya memiliki kualitas yang luar biasa. Dia bekerja dengan baik dan sangat penting bagi tim dan pergerakan menyerang kami."

Koeman sendiri menegaskan, mengistirahatkan Messi bukan berarti timnya memandang remeh lawan. Pasalnya, kendati dengan nyaman mengalahkan Ferencvaros 5-1 pada Matchday 1, Koeman tak ingin membuat kesalahan dan menurunkan standar permainan melawan tim asal Hungaria itu.

"Ini akan menjadi pertandingan yang sulit, mereka memiliki pemain berkualitas dan kecepatan dalam menyerang," ungkapnya tentang tim besutan Serhiy Rebrov tersebut.

Ia pun menginstruksikan agar pertahanan tim fokus, harus mengontrol pergerakan menyerang mereka, dan berusaha melakukan kerusakan di ruang yang mereka temukan di zona lawan.

"Mereka bermain bagus melawan Juventus, dengan lima pemain bertahan, dan tidak beruntung, sehingga kalah pada akhirnya,” katanya.

Baginya, hal terpenting saat ini adalah lolos. Namun ia ingin menanamkan mentalitas pemenang. Sehingga memenangkan setiap pertandingan menjadi prioritasnya saat ini. 

“Kami ingin menjadi yang teratas di grup," ungkapnya soal target Barcelona di babak penyisihan.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Feb 2021 06:45 WIB

Orang-Orang Mukmin Bagaikan Lebah, Ini Penjelasannya

Khazanah

Selalu memakan yang baik

25 Feb 2021 05:59 WIB

Basarnas Palu Evakuasi Korban Longsor di Parigi Moutong

Warta Bumi

Puluhan penambang emas ilegal di Parigi Moutong tertimbun longsor.

25 Feb 2021 05:42 WIB

Penambang Emas Ilegal di Parigi Moutong Tertimbun Longsor

Warta Bumi

Puluhan penambang emas ilegal tertimbun longsor.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...