Upacara Peringatan Proklamasi Akan Dihadiri 24 Ribu Undangan

16 Aug 2019 11:36 Nasional

Puncak upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di halaman Istana Merdeka, Sabtu 17 Agustus 2018 besok, akan dibagi dua sesi. Sesi pertama upacara pengibaran bendera merah putih, sesi kedua upacara penurunan bendera.

Kepala Biro Protokol, Media Setpres, Bey Mahmudin mengatakan, upacara pengibaran bendera akan dihadiri sekitar 11 ribu undangan. Terdiri, mantan presiden dan wakil presiden, anggota veteran, pimpinan lembaga negara, duta besar negara sahabat, tokoh masyarakat dan para teladan tingkat nadional.

Acara akan dimulai pkul 07.00. Karena ada beberapa kegiatan sebelum upacara pengibaran bendera pukul 10.00. Antara lain kirab pasukan berkuda, marching band, kesenian daerah dan fly pass pesawat tempur oleh penerbang handal TNI AU.

Sesi kedua upacara penurunan bendera. Undangan yang hadir lebih banyak lagi, sekitar 13 ribu orang. Acara ini akan dimulai pukul 14.00 WIB. Sebelum upacara penurunan bendera pukul 17.00 WIB, undangan akan dihibur dengan berbagai kesenian daerah dan beberapa artis terkenal.

Pada dua sesi upacara kenegaraan memperingati HUT ke 74 Kemerdekaan RI di halaman Istana Merdeka, Presiden RI akan bertindak selaku Inspektur Upacara. Sedang pengibaran bendera akan dilakukan oleh anggota Paskibraka wakil dari 34 provinsi di Undonesia.

Masyarakat yang tidak memperoleh undangan untuk menyaksikan langsung di halaman Istana Merdeka, bisa mengikuti momen istimewa ini di ruang terbuka Jalan Medan Merdeka. Utara.

Sementara kegiatan hari Jumat 16 Agustus 2019 08.00 WIB, Presiden Republik Indonesia berpidato pada Sidang Tahunan MPR-RI Tahun 2019. Kemudian, pukul 10.05 WIB  Presiden akan kembali pidato dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 pada Sidang Bersama DPR-RI dan DPD-RI

Kemudian, pukul 14.00 WIB, lagi-lagi Presiden akan berpidato dalam rangka Penyampaian RUU APBN Tahun Anggaran 2020 disertai Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2019–2020. Dilanjutkan tengah malam harinya pukul 24.00  diadakan Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Penulis : Asmanu Sudharso
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini