Petenis asal Swiss, Roger Federer. (Foto: Sky Sports)

Digeser Petenis Swiss, Ronaldo Bukan Lagi Atlet Terkaya Dunia

Lain-lain 30 May 2020 19:00 WIB

Pandemi corona atau Covid-19 sepertinya menggerus kekayaan Cristiano Ronaldo. Dia bukan lagi atlet terkaya dunia. Posisinya digeser oleh petenis asal Swiss, Roger Federer.

Dalam daftar terbaru atlet terkaya yang dikeluarkan Forbes, Ronaldo cuma ada di posisi kedua dengan 105 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp1,54 triliun.

Sementara, Lionel Messi duduk di posisi ketiga dengan 104 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,527 triliun. Federer justru jadi atlet dengan pendapatan terbesar selama setahun yakni 106,3 juta dolar AS (Rp1,56 triliun).

Fakta yang cukup mengejutkan mengingat Ronaldo dan Messi selalu bergantian menguasai daftar tersebut dalam tiga tahun terakhir. Meski demikian, hal tersebut sudah diprediksi karena pandemi corona yang membuat perekonomian terganggu.

Forbes menyusun daftar tersebut berdasarkan penghasilan atlet yang terdiri atas kontrak, hadiah, dan endorsement, dalam kurun waktu 1 Juni 2019 sampai 1 Juni 2020.

Gara-gara pandemi itu, liga-liga sepakbola di seluruh dunia terhenti sehingga klub-klub tidak punya pemasukan sehingga harus memotong gaji pemainnya. Ronaldo dan Messi masuk dalam daftar tersebut.

Ronaldo bahkan jadi pemain Juventus paling besar pemotongan gajinya sekitar 9,1 juta euro, sehingga cuma mendapat 21 juta euro dari seharusnya 30 juta euro per musimnya.

Sementara, Messi terhitung paling besar karena dipotong sekitar 70 persen dari total gajinya yang mencapai 40 juta euro. Klubnya Barcelona memang sangat terdampak Covid-19 karena punya tagihan gaji pemain yang tinggi.

"Pandemi virus corona sudah membuat gaji pesepakbola top seperti Messi dan Ronaldo dipotong, sehingga petenis top bisa jadi atlet terkaya dunia untuk pertama kalinya," ujar editor senior Forbes Kurt Badenhausen.

"Roger Federer adalah figur sempurna untuk sebuah perusahaan, sehingga petenis hebat sepertinya bisa mendapat endorsement sekitar 100 juta dolar AS per tahun," sambungnya.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Jul 2020 06:46 WIB

Pancasila dan Penjual Sate Madura, Terasa Cerdiknya

Humor Sufi

Humor selalu mencairkan suasana tegang

06 Jul 2020 06:19 WIB

Ledakan di Menteng, Polisi Lakukan Pemeriksaan Mendalam

Nasional

Lebih dari petasan, tak memunculkan api

06 Jul 2020 06:09 WIB

Ledakan di Menteng, Pakar: Tak Terkait Aksi Terorisme

Nasional

Beda yang biasa dilakukan kelompok teroris JAD maupun JI

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...