Turunkan Berat Badan dan Atur Metabolisme dengan Diet Whole30

28 Jan 2019 14:57 SapaDokter

Tubuh proporsional adalah impian semua orang. Diet ketat pun menjadi pilihan untuk mengontrol jumlah makanan yang dikonsumsi. Tujuannya tentu untuk memiliki berat badan ideal juga terhindar dari berbagai resiko penyakit. 

Program diet pun hadir dalam berbagai metode dan varian, salah satunya diet whole30. Lalu seperti apakah program diet ini?

Ahli Gizi Eko Dwi Martini mengatakan, diet whole30 adalah jenis diet yang menghilangkan semua makanan olahan selama 30 hari, atau bisa dikatakan sebagai diet eliminasi (membuang makanan).

Diet whole30 juga dimaksudkan untuk mengatur sistem metabolisme tubuh, dan membentuk kembali hubungan kita dengan makanan.

"Program diet ini ialah program jangka pendek, serta hanya bisa dilakukan bagi anda yang sehat atau tak punya riwayat masalah kesehatan serius," jelasnya.

Diet whole30 tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan, menghindari alkohol, nasi, olahan tepung putih, susu, dan semua zat adiktif.

 

"Yang dikonsumsi harus banyak mengandung protein dan lemak, juga makanannya harus disesuaikan sesuai kebiasan, agar lidah dan perut juga bisa menerima," tutur Eko Dwi Martini.

Sebagai contoh, diet whole30 bisa mengkonsumsi ikan bandeng rebus dengan sayur, untuk siang bisa mencoba menu  tempe dan tahu rebus dengan sayur juga, kalau malam bisa mengkonsumsi kacang hijau rebus tanpa gula, santan maupun garam. 

 

Ahli gizi Graha Amerta RSUD Dr. Soetomo ini menyarankan, untuk melakukan diet ini sebaiknya dibawah pengawasan dokter atau ahli gizi. "Sebelumnya juga harus melakukan pemeriksaan kesehatan dulu, untuk memastikan semua sehat dan baik, baru melakukan diet ini," imbuhnya

 

Nah, bagaimana anda tertarik untuk mencobanya, jangan lupa hubungi dokter terlebih dahulu agar berat badan ideal tercapai dan tetap sehat. (pts)

Penulis : Pita Sari
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini