Rektor Unusa Prof Dr Ir Achmad Jazidie, M.Eng saat menunjukan Dies Natalis Unusa yang akan dilakukan secara live streaming. (Foto: Pita Sari/Ngopibareng.id)

Inovasi Digital Dies Natalis ke-7 Unusa Saat Pandemi Corona

Unusa Gateway 20 July 2020 19:10 WIB

Tahun ini Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) genap berusia 7 tahun. Di usia tersebut, Unusa mengambil langkah konkret inovasi Unusa di bidang digital, yaitu salah satunya penerapan media pembelajaran secara daring, dengan menggunakan aplikasi pembelajaran buatannya sendiri.

Rektor Unusa, Prof Dr Ir Achmad Jazidie, M.Eng. menjelaskan, pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang proses perkuliahan karena Unusa memiliki aplikasi e-sorogan yang telah diterapkan sejak 2017 lalu.

"Dengan kondisi semacam ini, membuat Unusa sudah memanfaatkan teknologi informasi untuk mempersiapkan pembelajaran online," ucap Jazidie, saat jumpa pers di Ruang Fastron Unusa, Senin, 20 Juli 2020.

Selain itu, Unusa juga sudah mempersiapkan ruangan production house yang disiapkan bagi dosen Unusa dalam pembelajaran online.

Di tahun ke-7 ini, Unusa telah menorehkan berbagai catatan sejarah, di antaranya Unusa sebagai Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) PTNU Terbaik 1 dalam Menerapkan Satuan Penjaminan Mutu Internal (SPMI), Perguruan Tinggi (PT) Baru dengan Percepatan Pengelolaan Terbaik (LLDIKTI VII), Destinasi Studi Banding PTNU Jatim dan Luar Jawa Timur.

Dengan catatan sejarah ini, Jazidie menjelaskan, ke depannya Unusa sudah mempersiapkan langkah untuk menjadi universitas terkemuka dan unggul.
Dengan mengambil tema tetap bermutu saat pandemi: penyesuaian, penguatan dan percepatan maka kami akan terus meningkatkan segi mutu meskipun di tengah pandemi.

Prestasi gemilang lainnya, Unusa mendapatkan hibah alat Real Time Polymerase Chain Reaction (RTPCR) dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud). Dengan adanya alat ini, Unusa dan Rumah Sakit Islam Surabaya (RSI) juga sudah membangun laboratorium Biosafety Level (BSL) 2 sebagai salah satu penunjang penelitian bagi dosen dan mahasiswa.

"Alat ini dapat berguna untuk melakukan penelitian Covid-19, khususnya bagi mahasiswa Program Studi (Prodi) Kedokteran maupun Analis Kesehatan," jelas Jazidie.

Tak hanya itu, puncak acara Dies Natalis Unusa ke-7 pada Selasa besok, 21 Juli 2020 juga akan dihadiri Wakil Presiden Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin melalui daring.

Penulis : Pita Sari

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Sep 2020 08:57 WIB

3 Besar Nominasi Pemain Terbaik UEFA, Tak Ada Nama Messi-Ronaldo

Dunia

Nama Messi dan Ronaldo tak ada di daftar Pemain Terbaik UEFA.

25 Sep 2020 08:43 WIB

Liverpool Pesta Gol 7-2 Lawan Tim Divisi Tiga, Lincoln City

Liga Inggris

Juergen Klopp puji perlawanan Lincoln City.

25 Sep 2020 08:26 WIB

Campagnolo Ekar, Groupset 13 Speed Sepeda Gravel Paling Ringan

Gowes Bareng

Produsen grupset asal Italia mengeluarkan produk baru untuk gravel bike.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...