Debat PilpresSeribu Jenderal Dukung Jokowi, Ruhut: Prabowo Tak Sampai 100

30 Mar 2019 17:44 Politik

Ruhut Sitompul memprediksi, calon presiden nomor urut 01, Jokowi, unggul dalam debat malam nanti. Ruhut adalah anggota bidang hukum Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin.
 
Kata Ruhut, sejumlah tema debat malam nanti Jokowi pasti unggul. Utamanya, dalam bidang pertahanan dan keamanan. Mengapa? Karena banyaknya tokoh militer atau jendral purnawirawan yang kini mendukung Jokowi. 
 
"Masalah pertahanan, faktanya beliau seorang sipil, tapi didukung seribu jenderal purnawirawan lebih. Sedangkan Prabowo tidak sampai 100," kata Ruhut, ditemui di Hotel Whyndam, Surabaya, Sabtu, 30 Maret 2019. 
 
Apalagi, masih kata Ruhut, di belakang Jokowi ada pula tokoh militer dan intelejen macam Hendropriyono. Lalu ada Luhut Binsar Panjaitan yang kini menempati posisi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman. 
 
Belum lagi terkait tema ideologi, dan hubungan internasional, Ruhut menyebut tak ada yang perlu diragukan lagi dari Jokowi. 
 
"Masalah ideologi kita sudah tahu Pak Jokowi. Untuk masalah hubungan dengan luar negeri tidak usah diragukan. Beliau bukan bagian dari masa lampau. Karena itu percayalah beliau dengan tegar sangat menguasai masalah," ucapnya. 
 
Sementara itu di lokasi yang sama, Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan menyebut bahwa Jokowi telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk debat malam nanti.
 
Kendati demikian, Luhut juga mengatakan, Jokowi tak akan melakukan manuver apapun, untuk memberikan kejutan, saat melawan Prabowo. 
 
"Persiapan biasa-biasa aja, sudah dipersiapkan beliau dengan bagus. Tidak akan ada kejutan. Presiden Jokowi biasa-biasa saja kok," pungkas Luhut.
 
Debat calon presiden keempat akan diselenggarakan di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu, malam nanti. Joko Widodo akan berhadapan dengan Prabowo Subianto dalam debat yang akan membahas ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional. (frd) 
Penulis : Farid Rahman
Editor : Widi Kamidi


Bagikan artikel ini