Petugas forensik mengumpulkan bukti di Hurst Walk, menyusul insiden penikaman di pusat Kota Birmingham, Inggris. (Foto: AFP Photo/Oli Scarff)
Petugas forensik mengumpulkan bukti di Hurst Walk, menyusul insiden penikaman di pusat Kota Birmingham, Inggris. (Foto: AFP Photo/Oli Scarff)

Diduga Isu Rasial Picu Penusukan di Birmingham, Inggris

Ngopibareng.id Internasional 06 September 2020 23:20 WIB

Insiden sejumlah penusukan secara acak terjadi di Birmingham, Inggris, pada Minggu, 6 September 2020. Satu orang tewas dan dua korban lainnya dalam kondisi kritis akibat insiden tersebut.

Polisi lalu menyatakan kejadian ini adalah "insiden besar". Penusukan terjadi sekitar pukul 12.30 dini hari waktu setempat di sekitar Arcadian Center, tempat populer yang dipenuhi dengan restoran, kelab malam, dan bar.

Polisi West Midlands menginformasi ada sejumlah penikaman tetapi tidak ada informasi tentang laporan tembakan. Kepala Inspektur Steve Graham mengatakan, penyelidikan pembunuhan telah diluncurkan, tetapi tidak ada indikasi sama sekali bahwa ini terkait terorisme.

Dikutip dari The Mirror, seorang promotor klub lokal mengatakan ada perkelahian besar disertai ejekan rasial di Arcadian Center saat bar-bar penuh sesak, dan saksi lain melihat seseorang ditikam di Village Gay.

Insiden ini terjadi setelah beberapa penusukan massal sebelumnya, termasuk satu di kota Glasgow, Skotlandia, pada 26 Juni 2019. Sebanyak 6 orang terluka termasuk seorang polisi.

Pada tahun 2003, satu kelompok melepaskan tembakan dengan sub-machine gun semi otomatis ke kelompok lain. Dua orang tewas dalam insiden 17 tahun lalu tersebut.

Tindak kejahatan dengan pisau di Inggris dan Wales meningkat 6 persen dalam setahun hingga akhir Maret, menurut Badan Statistik Nasional Inggris.

Untuk diketahui, Birmingham merupakan salah satu kota paling beragam secara etnis di Inggris. Dengan populasi kurang lebih satu juta penduduk, Birmingham memiliki catatan kekerasan antar kelompok.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Oct 2020 22:20 WIB

Er-Ji Unggul di Survei, Pengamat: Hasil Kerja Risma dan Mesin PDI

Pilkada

Survei internal partai, Er-Ji akan memenang Pilwali.

24 Oct 2020 22:00 WIB

Jika Menang, Er-Ji Gunakan Digital untuk Pantau Kesejahteraan

Pilkada

Big data itu yang akan jadi kawah Eri dalam membangun Surabaya.

24 Oct 2020 21:50 WIB

Sinopsis Anaconda 3: Offspring, Perburuan Ular Raksasa Ganas

Film

Film Anaconda 3: Offspring akan tayang di Bioskop Trans TV.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...