Ilustrasi by Nizar Mohamad

Didi Kempot, Glenn Fredly, dan Djaduk; Kisah Tiga Musisi Legend

In Memoriam 05 May 2020 20:46 WIB

Dalam waktu yang singkat, sejak akhir 2019 kemarin hingga hari ini, 5 Mei 2020,  Indonesia kehilangan 3 seniman musik di tanah air. Djaduk Ferianto, Glenn Fredly, dan Didi kempot. Djaduk musisi jazz dengan grup musik yang dibuatnya, Kuaetnika. Glenn dengan lagu-lagu pop nya. Dan Didi Kempot Lord of the Broken Heart, lagu-lagu campursarinya yang disebut-sebut sebagai gambaran hati para manusia yang patah hati. Perbedaan di tiap musik yang mereka ciptakan tapi satu tujuan yang sama. Sama-sama menjadi pionir musik di tanah air. Indahnya perbedaan yang menyatukan bangsa.

Kisah tiga lengend musik tanah air. Glenn Fredly, anak bangsa yang lahir dari keluarga asal Maluku. Musik-musiknya yang selalu membuat para penikmat musik pop ini menggugah para pendengar dengan liriknya yang menyentuh. Kebanyakan mengatasnamakan percintaan, masalah hati, bahkan tentang daerah Maluku. Perjuangan Glenn yang membuat para pemuda penerus bangsa asal Maluku merasa bangga serta mengikuti jejaknya. Saya rasa Glenn telah tuntas membuat bangsa ini bangga telah memiliki salah satu seniman ini. Selamat jalan kaka bung, damai di surga.

Sebelum Glenn pergi, Djaduk Ferianto pergi lebih dulu. Seniman berbudaya ini lahir di Jogja. Lahir dari seorang maestro pertunjukan, Bagong Kussudiardja. Djaduk membawakan karya-karyanya dengan penuh semangat. Djaduk, seniman multi-disiplin yang selalu menyertakan budaya bangsa di tiap karya yang ia buat. Djaduk memiliki idealisme yang kuat. Dimanapun ia berada selalu menciptakan aransemen-aransemen yang tidak main-main. Ketika di mobil, tangan dan mulutnya bermain menciptakan suara dan ketukan. Begitu juga ketika ia mendaki ke salah satu puncak di Afrika Selatan. Djaduk selalu saja menciptakan aransemen-aransemen yang menjadi ciri khas nya. Sugeng tindak Pak Djaduk, damai di surga.

Begitu juga Didi Kempot. Musisi yang lahir di Surakarta, akhir-akhir ini lekat dengan sebutan “Lord of the Broken Heart”, memiliki lagu yang khas dari Indonesia, campursari. Didi Kempot konsisten membuat karya dengan genre asli Indonesia ini. Lirik-liriknya pun digadang-gadang sebagai gambaran hati para orang yang merasa telah patah hati. Didi Kempot selalu lekat dengan kebudayaan Indonesia. Ia ingin pemuda-pemuda bangsa mengerti lebih jauh tentang budaya asli tanah air, dan tetap menjaganya. Sugeng tindak pPakdhe, damai di surga, salam kagem Pak Djaduk kaleh Kaka Bung, Glenn fredly.

Kisah tiga legend musik tanah air. Saya sempat mengetahui bagaimana ketiga musisi ini saling berbagi, saling berkarya demi nusa dan bangsa. Di tahun 2017, saat itu Jazz Gunung Bromo, Glenn tampil. Saya sempat melihat pertemuan Djaduk dan Glenn. Aura yang kuat, bagaimana mereka saling menyemangati ketika akan naik keatas panggung. Begitu juga saat persiapan Jazz Gunung Bromo dan Ngayogjazz tahun lalu. Dua festival musik jazz besutan Djaduk Ferianto. Djaduk sempat bercerita ketika latihan bersama Didi Kempot. Djaduk ingin membawakan aransemen yang berbeda dari lagu-lagu milik Didi Kempot. Komposisi musik jazz ia bawakan tanpa menghilangkan ciri khas lagu-lagu Lord of the Broken Heart ini. Djaduk berhasil menciptakan aransemen yang berbeda namun nikmat untuk didengar.

Tiga legend musik tanah air. Berkarya tanpa henti demi nusa dan bangsa. Tiga seniman musik yang berbeda-beda, namun memiliki tujuan yang sama. Tiga anak bangsa yang selalu berjuang demi kemajuan Indonesia. Tiga orang yang selalu menghibur semua orang dengan semangat-semangatnya. Mereka semua tuntas menyelesaikan tujuan-tujuan mereka. Selamat jalan Pak Djaduk, Bung Glenn, Pakdhe Didi Kempot. Karya-karya kalian akan selalu abadi. Damai menyertai.

*) Nizar Mohammad Afandi adalah mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Jogjakarta.

Penulis : Nizar Mohamad Afandi

Editor : Azhari

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jun 2020 02:00 WIB

Sinopsis Touch Your Heart: Jung Rok dan Yoon Seo Pacaran Lagi

ngopiK-pop

Jung Rok dan Yoon Seo kembali menjalin asmara secara diam-diam.

05 Jun 2020 01:36 WIB

Rasisme, Memang Jadi Dosa Asal Amerika (2)

Khazanah

Refleksi Imam Shamsi Ali, Direktur Jamaica Muslim Center

05 Jun 2020 01:00 WIB

Jadwal Belajar dari Rumah TVRI, Persiapan UTBK SMA

Pendidikan

Siswa SMA diberi materi persiapan UTBK.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...