Kuil Hindu di Tamil Nadu, India (Foto:Pikist)

Dicuri 40 Tahun Lalu, Patung Buatan Abad 14-17 Kembali ke India

Internasional 17 September 2020 13:30 WIB

Tiga patung yang terbuat dari tembaga kembali ke India, setelah dicuri warga Inggris, 40 tahun lalu. Pencuri saat itu mengambil empat patung dari kuil untuk Dewa Wisnu, di Nagapattinam, Tamil Nadu, tahun 1978.

Barang tersebut kembali setelah pencuri telah diadili. Namun barang tak bisa segera dikembalikan karena terlanjur diselundupkan ke luar negeri. Meski ada empat patung yang dicuri, Komisi Tinggi India di London hanya berhasil menemukan tiga patung di tahun 2019.

Pengungkapan patung itu bermula sejak tahun lalu. Saat itu, komisi tinggi menemukan salah satu patung ditawarkan oleh seorang pedagang Inggris. Divisi Seni dan Barang Antik Kepolisian Metropolitian London pun menyelidiki laporan penawaran benda antik itu, setelah mendapatkan laporan dari Kedutaan Besar India di London.

Kepolisian menyebut jika barang tersebut dibeli oleh pedagang dengan niat baik. Sehingga, setelah mengetahui jika barang yang hendak dibeli adalah hasil curian, warga Inggris itu segera mengembalikan patung yang telah dibelinya. Dari pengungkapan itu, polisi kemudian berhasil memetakan dua patung lainnya.

Komisi Tinggi India pun mengunggah sejumlah foto ketika diserahkan resmi kepada Otoritas Negara Bagian Tamil Nadu. Momen itu dianggap sebagai "peristiwa yang penuh harapan," oleh pemerintah india.

Sementara, Kepolisian Metropolitan London mengaku senang terlibat dalam pengembalian benda bersejarah itu. "Patung itu tak hanya indah, tetapi juga bersejarah dan sakral bagi India. Kami puas karena berhasil mengembalikan benda ini di tempat asalnya, di dalam kuil," kata Inspektur Penyelidik Kepolisian London, Tim Wright, dalam pernyataan tertulisnya.

Diketahui, patung yang dicuri tersebut merupakan peninggalan masa Maharaja Wijayanagra, yang berkuasa pada abad 14 sampai abad 17.(Rtr/Ant)

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Oct 2020 08:14 WIB

Debat Kepribadian

Dahlan Iskan

Pilpres AS memasuki masa debat calon pilpres. Siapa yang menang?

01 Oct 2020 07:45 WIB

Lapierre Aircode DRS, Upgrade Sepeda Aero Jadi Nyaman dan Laju

Gowes Bareng

Lapierre tidak hanya membuat sepeda lebih aerodinamis, geometri frame juga membuat posisi cyclist jadi lebih aero.

01 Oct 2020 07:36 WIB

Mendadak, Nasrudin Hoja Tak Dikenal

Humor Sufi

Humor sufi mengasah kepekaan diri

Terbaru

Lihat semua
01 Oct 2020 08:14 WIB

Debat Kepribadian

Dahlan Iskan
Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...