Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal saat memantau pembongkaran lantai mushalla untuk autopsi jasad korban pembunuhan yang dicor, Senin 4 Oktober 2019 (Foto: Antara/Humas Polres Jember)

Dibunuh, Jenazah Kemudian Dicor di Musholla

Kriminalitas 05 November 2019 14:31 WIB

Warga Jember dihebohkan dengan temuan dugaan identik jasad kerangka manusia yang terkubur dalam cor-coran semen di mushalla yang berada di belakang sebuah rumah yang terletak di Dusun Joruju, Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, Minggu 3 November 2019 lalu.

Penemuan itu berawal dari laporan masyarakat adanya warga bernama Surono yang hilang sekitar tujuh bulan lalu dan diduga korban dikuburkan dengan tidak wajar di belakang rumahnya. Di atas kubur itu kini sudah dibangun mushalla dengan dapur dan kamar mandi lengkap.

Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal mengatakan dugaan sementara motif pembunuhan yang jasadnya dicor di bawah lantai mushalla di Desa Sumbersalak, Kabupaten Jember, Jawa Timur karena warisan atau dendam pelaku kepada korban.

"Dari pemeriksaan saksi-saksi yang sudah dimintai keterangan, kami duga motif warisan atau dendam yang menyebabkan korban Surono dibunuh oleh pelaku," katanya di Mapolres Jember, Jatim, Selasa.

Ia mengatakan pihak DVI Polda Jatim bersama Polres Jember sudah melakukan autopsi terhadap jasad korban yang dikubur di bawah lantai mushalla dan dipastikan bahwa jasad tersebut adalah Surono (51) warga Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember yang dilaporkan hilang 7 bulan lalu oleh keluarganya.

"Kami juga menemukan beberapa barang bukti saat membongkar jasad korban yang dicor di bawah lantai mushala yakni linggis pajang 65 cm dengan diameter 4 cm yang beratnya 10 kg, kemudian baju dan sarung korban," tuturnya.

Berdasarkan hasil autopsi, lanjut dia, korban Surono dibunuh oleh pelaku dengan benda tumpul hingga meninggal dunia dan dikubur di dalam rumah, kemudian di atas kuburan tersebut dicor dengan semen untuk dibangun sebuah mushalla dan dapur.

Menurutnya, pemeriksaan aparat kepolisian mengerucut pada keterangan dua orang saksi yang merupakan teman dekat salah satu terduga, namun saksi tersebut bukan berasal dari keluarga korban.

"Keduanya berstatus sebagai saksi dan keterangan kedua saksi kunci itu akan kami kembangkan dengan dikonfrontir keterangan anak dan istri korban," tuturnya.

Alfian mengatakan Polres Jember masih belum menetapkan tersangka atas kasus pembunuhan yang terjadi di Desa Sumbersalak tersebut karena masih perlu dilakukan pendalaman oleh penyidik.

Penulis : Antara

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 May 2020 15:47 WIB

Ayah Bunuh Anak Perempuan Demi Kehormatan di Iran Bisa Bebas

Internasional

Ashrafi dibunuh ayahnya dengan sadis karena menolak dijodohkan.

22 May 2020 10:20 WIB

Sinopsis The Frozen Ground: Ungkap Pembunuhan dan Pemerkosaan PSK

Film

The Frozen Ground tentang kejahatan terhadap PSK.

19 May 2020 18:30 WIB

Pembunuh Rosidah Mulai Jalani Persidangan

Hukum

Pembunuh Rosidah Mulai Jalani Persidangan

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...