Dibanding 2018, Jumlah Sapi Qurban Tahun Ini Lebih Banyak

05 Sep 2019 19:00 Ngopibareng Pasuruan

Sepanjang pelaksanaan Idul Adha 2019, jumlah hewan kurban yang disembelih mengalami penurunan. Tahun ini jumlah hewan yang disembelih mencapai 13.502 ekor.

Kendati menurun, namun dilihat dari jenis hewan kurban terdapat peningkatan pada hewan kurban sapi dengan angka 2.452 ekor dibandingkan tahun 2018 lalu.

Drh Ainur Alfiyah, Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan mengatakan, selama pelaksanaan Idul Adha kemarin selain melakukan pemantauan kualitas daging kurban setelah disembelih, juga mendata hewan kurban di masyarakat.

"Jadi, selama hari Tasyrik yaitu pada hari H sampai H+3, dari petugas Dinas Peternakan terus melakukan pemantauan di masyarakat. Selain melihat kualitas daging atau dalaman hewan kurban. Juga mendata jumlah hewan kurban," kata Alfiyah saat di kantornya, Kamis, 5 September 2019.

Dijelaskannya, untuk menghitung jumlah hewan qurban, ada lebih dari 100 petugas peternakan yang memantau mulai dari Masjid, sekolah sampai Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Dari situ juga mendata masyarakat yang melakukan pemotongan hewan selama Idul Adha kemarin.

Alfiyah menegaskan bahwa jumlah hewan kurban di Kabupaten Pasuruan selama Idul Adha kemarin mencapai 13.502 ekor. Diakui, memang dari segi jumlah ada penurunan dari tahun lalu yang mencapai 13.775 ekor.

"Untuk jumlah hewan kurban ini memang tidak bisa diprediksi, karena sangat bergantung juga pada niat masyarakat. Selain tingkat ekonomi juga partisipasi masyarakat untuk melaksanaan ibadah menyembelih hewan kurban,” katanya.

Kendati cenderung ada penurunan, namun justru jumlah sapi yang dipotong tahun ini lebih meningkat. Tahun 2018 lalu sebanyak 2.215, tahun ini meningkat hingga 236 ekor menjadi 2.452 ekor.

Sedangkan hewan kurban untuk kambing dan domba memang cenderung ada penurunan. Untuk kambing turun dari 3.324 menjadi 3.064 sedangkan domba turun dari 3.324 menjadi 3.064 ekor. (sumber: www.pasuruankab.go.id)

Penulis : Witanto


Bagikan artikel ini