Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir. (Foto: Istimewa)

Di Tengah Pandemi, Haedar: Tumbuhkan Rasa Empati dan Rendah Hati

Khazanah 19 May 2020 17:11 WIB

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir berpesan agar warga Muhammadiyah tetap menumbuhkan empati, rasa kebersamaan dan rendah hati. Hal itu diingatkan, terkait menghadapi masa krisis pandemi Covid-19, saat ini.

Haedar mengingatkan agar warga Muhammadiyah tidak ikut terjebak dalam perdebatan yang tidak perlu, beserta lebih menyibukkan diri untuk berikhtiar memperkaya cara pandang dan makna hidup.

“Pandemi ini harus melahirkan gerakan ukhuwah dan taawun, rasa persatuan dan kebersamaan sekaligus panggilan untuk menolong orang lain. Setidaknya jika tidak bisa mengurangi beban, paling tidak kita tidak menambah beban dengan cara memutus rantai penularan,” pesan Haedar dalam keterangan Selasa, 19 Mei 2020.

Selain menumbuhkan taawun dan ukhuwah, Haedar berharap agar momentum pandemi dijadikan warga Muhammadiyah sebagai pemantik untuk meningkatkan kualitas ilmu dan iman.

“Musibah ini bisa kita jadikan hikmah untuk memperkaya pemikiran wawasan keilmuan dalam membaca ayat-ayat semesta. Harus ada empati pada orang lain. Pandemi ini harus membuat cakrawala keilmuan orang Muhammadiyah yang burhani, bayani, dan irfani mencerahkan dan memberikan solusi,” jelasnya.

“Kita sebagai umat beriman dan warga Persyarikatan agar semakin memperkuat dan memperkokoh keimanan kita pada Allah dan mempertajam hati kita untuk menjadi insan yang semakin berilmu dan beramal salih,” kata Haedar.

“Dengan munajat semoga pandemi ini akan segera berakhir dan kita menjadi muslim yang semakin kokoh pandangan hidup dalam keadaan yang utuh, semakin berilmu dan mencerahkan, terus memperbaharui amal punya jiwa empati. Di situlah nilai-nilai insaniyah kita harus kita hidupkan,” ujar Haedar mengakhiri pesannya.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

16 Aug 2020 00:38 WIB

Transformasi Desainer Oscar Lawalata Jadi Wanita Punya Pacar Bule

Gosip Artis

Desainer Oscar Lawalata ubar gender jadi wanita.

16 Aug 2020 00:20 WIB

Video Amien Rais Sebut Jokowi Otoriter

Politik

Video terbaru Amien Rais menyebut rezim Presiden Jokowi otoriter.

15 Aug 2020 23:59 WIB

Jadwal Belajar dari Rumah TVRI 16 Agustus 2020

Pendidikan

Tayangan edukasi disajikan pada program Belajar dari Rumah.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...