Ilustrasi

Di Era Digital, Fungsi Kehumasan Harus Ada Sentuhan Kepala Daerah

Ngopibareng Pasuruan 05 September 2019 06:56 WIB

CEO PR Indonesia Asmono Wikan mengatakan pemerintah daerah harus memberikan dukungan agar peran dan posisi humas di korporasi swasta maupun di instansi pemerintah pada era digital.

"Peran pemerintah ini sangat penting dari segi pembekalan ketrampilan yang berkaitan erat dengan tugas-tugas kehumasan maupun secara sistem. Hal ini karena di era digital sekarang tanpa campur tangan pemerintah mustahil bisa maju," katanya merespon tantangan humas di era digital yang serba kompleks dan dinamis di Diskominfo Kabupaten Pasuruan, kemarin.

"Kami tak ingin humas pemerintah hanya menjadi tenaga-tenaga praktikal yang teknis. Kalau hanya begitu, visi misi pimpinan tidak akan pernah tercapai. Kalau humas diberikan fungsi strategis, maka talenta yang ada di tubuh humas akan keluar. Untuk itu, perlu dukungan dari kepala daerahnya," katanya.

Asmono berharap, sudah seharusnya jika setiap pimpinan daerah mengikutsertakan humas dalam forum diskusi dan ajang kompetisi di bidang kehumasan. Melalui even tersebut dapat membuka cakrawala berpikir kreatif para humas.

Sementara, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, Syaifudin Ahmad mengatakan kreatifitas humas ini bisa diaplikasikan di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan dengan memperkuat positioning melalui aktivitas publikasi, meningkatkan kompetensi dan ketrampilan kehumasan di berbagai forum.

Tidak terkecuali, ikut terlibat dalam kompetisi kehumasan berskala nasional dengan mengirimkan karya jurnalistik sebagai bagian dari produk-produk kehumasan.

Seperti halnya karya video profil Kabupaten Pasuruan yang dikirim di even Anugerah Humas Indonesia 2019. Hasilnya, video berdurasi 3 menit 51 detik yang menampilkan potensi pariwisata hingga pertanian maupun kearifan lokal budaya Kabupaten Pasuruan berhasil meraih penghargaan Silver Winner untuk kategori Best City Branding 2019.

"Dengan penghargaan ini, kami terus berupaya mem-branding Kabupaten Pasuruan dengan segala potensinya. Inilah keseriusan Pemkab Pasuruan dalam mendukung tugas dan fungsi kehumasan agar jauh lebih berkembang dan maksimal dalam menghasilkan karya-karyanya yang representasi tugas dan fungsinya sebagai komunikator berkualitas," katanya. (sumber: www.pasuruankab.go.id)

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Jul 2020 19:45 WIB

Update Covid-19 Pasuruan: 6 Orang Positif, 1 Bayi Sembuh

Ngopibareng Pasuruan

Total yang positif corona ada 453 orang.

14 Jul 2020 05:25 WIB

12 Warga Pasuruan Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Ngopibareng Pasuruan

Sementara, ada 9 warga yang dinyatakan positif covid-19.

13 Jul 2020 19:32 WIB

Pandemi Corona, Irsyad: ASN Bekerja Jangan Sekedar Rutinitas

Ngopibareng Pasuruan

ASN bekerja harus mengacu pada SAKIB.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...