Dhimas dalam salah satu acara PSI. (Foto: Dok. pribadi)
Dhimas dalam salah satu acara PSI. (Foto: Dok. pribadi)
PILKADA SURABAYA

Potensi Pariwisata di Surabaya, Ini Usulan Dhimas Anugrah

Ngopibareng.id Surabaya 06 July 2019 01:04 WIB

Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dhimas Anugrah yang digadang-gadang maju dalam Pilkada Surabaya 2020 sebagai Wakil Wali Kota mendampingi KH. Zahrul Azhar As'ad menyampaikan bahwa kota Pahlawan harus memiliki potensi pariwisata unggul.

Bagi Dhimas, pariwisata adalah sektor penting dalam ekonomi, citra, dan sosial sebuah kota besar. Keberhasilan sektor pariwisata kota tersebut diukur dari jumlah kunjungan wisatawan, lama tinggal wisatawan dan uang yang dibelanjakan selama mengunjungi kota tujuan.

Menurutnya, pariwisata Surabaya akan menjadi salah satu concern apabila mendapat amanah untuk maju dan terpilih sebagai Wakil Wali Kota Surabaya.

"Mimpi akan pariwisata Surabaya yang lebih berkembang ini semata-mata untuk memberikan dampak yang positif bagi citra, sosial, dan ekonomi kota ini," ujar Dhimas.

Meski begitu, ia masih berharap pemerintahan Tri Rismaharini bisa membangkitkan pariwisata Surabaya. Padahal dari jaman Belanda, Surabaya merupakan salah satu tujuan utama wisata karena tata kotanya yang elok dan maju.

"Gairah pariwisata di Surabaya tampak masih belum maksimal sampai saat ini, tetapi saya percaya Pemkot Surabaya punya rencana dan target yang jelas untuk pengembangan potensi pariwisata di kota ini," lanjutnya.

Politisi yang melejit namanya bersama PSI tersebut mengatakan bahwa penelitian tentang tujuan wisata, pangsa pasar, industri dan segala elemen pariwisata telah banyak dihasilkan oleh para ahli di negara ini, khususnya Surabaya. Tetapi secara umum Surabaya masih belum maksimal dalam pengembangan pariwisata dibandingkan dengan kota-kota lain di Indonesia.

Dhimas menuturkan bahwa Indonesia khsusunya Surabaya punya tujuh poin penting dalam pengembangan pariwisata yang disebut dengan Sapta Pesona. Yakni Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah, dan Kenangan.

"Kita harus menargetkan bisa memaksimalkan tujuh poin tersebut. Surabaya dan masyarakatnya sangat mampu menjadikan kota ini sebagai salah satu tujuan wisata terbaik di tanah air," pungkas pria yang sedang menjalani S3 di Oxford University, Inggris, itu. (alf)

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

21 Jan 2021 17:58 WIB

Pemkot Tambah Fasyankes untuk Percepat Vaksinasi

Surabaya

Pemkot Surabaya target vaksin tahap pertama usai sebelum tiga minggu.

21 Jan 2021 17:45 WIB

10 Hari PPKM masih Ada yang Nakal di Surabaya

Surabaya

Ada yang "nakal" tak patuhi PPKM dan Perwali.

21 Jan 2021 16:40 WIB

PPKM Diperpanjang, Pemkot Surabaya Berhitung Dampak yang Terjadi

Surabaya

PPKM diperpanjang mulai 26 Januari-28 Februari 2021.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...