Oscar Lawalata (kiri) bersama ibu, Reggy Lawalata, dan adiknya, Mario Lawalata. (Foto: YouTube Reggy Lawalata)

Desainer Oscar Lawalata Pilih Jadi Wanita

Selebriti 13 August 2020 10:22 WIB

Desainer Oscar Lawalata telah memutuskan menjadi seorang perempuan. Lewat Channel YouTube The Lawalatas, Reggy Lawalata yang merupakan ibunda Oscar Lawalata, dan juga aktor serta pebasket Mario Lawalata, mengungkapkan kisah perjalanan hidup anak pertamanya, Oscar Lawalata, yang memilih untuk menjadi seorang perempuan.

"Tiba-tiba aku pulang di kamarnya ada lilin-lilin. Aku pikir dia agama sesat," buka Reggy Lawalata dalam Channel YouTube berjudul Untold Story Reggy Lawalata - Anakku Feminin.

Mantan pemain Lenong Rumpi ini mengungkap bahwa putra sulungnya memutuskan untuk menjadi wanita. "Pilihan gender Oscar itu wanita," ungkap Reggy Lawalata.

Wanita 60 tahun ini pun sempat mempertanyakan apa yang salah. Bahkan Oscar pun juga merasa bingung kenapa ia bisa berbeda dengan adiknya yang macho padahal mereka dibesarkan dengan cara yang sama.

"Saya pernah perang dingin, malah pernah kita tangis-tangisan waktu dia SMP. Itu sangat sedih buat saya. Dia bilang sama saya, 'Saya juga nggak tahu. Saya dikasih sayang sama, makan sama, tinggal sama, semua sama tapi kenapa saya berbeda?'. Itu yang pukulan buat saya. Dari situ saya cari, ini anak, apa?" kenangnya.

Reggy Lawalata bahkan sempat menyalahkan perceraiannya dengan sang mantan suami yang jadi penyebab Oscar menjadi feminin. “Saya berpikir mungkin karena perceraian saya. Itu yang saya pikirkan. Tapi saya lihat, teman saya yang rukun-rukun aja tapi anak kayak gitu (feminin). Mulai saya berpikir (kondisi Oscar) bukan karena perceraian. Lantas beberapa tahun kemudian, saya mulai baca ada homoseksual, lesbian, transgender, apalagi itu. Nah saya mulai ini, di mana nih posisi si Oscar. Mereka dilahirkan kok, pasti Tuhan punya maksud,” ujar Reggy Lawalata.

Meski berat dengan keadaan yang ada, tapi Reggy Lawalata mengatakan berusaha harus tetap meyakinkan dirinya untuk bisa menerima keadaan.

"Bisa menerima kondisi Oscar itu 5 atau 6 tahun. Saya dan Oscar bicara dari hati ke hati dan saya harus menentukan, tidak sampai di situ, saya juga bicara dengan Mario (adik Oscar) begini begini begini akhirnya kita bilang apapun yang mau kamu lakukan, apapun yang buat kamu bahagia," ungkap Reggy Lawalata.

"Pemilihan Oscar apapun itu, saya support karena bagaimana pun kamu adalah anak saya. Apa pun kamu, I love you so much, so you can do what you want. Whatever whay you want. Dan saya tidak peduli semua orang," sambungnya.

Reggy Lawalata hanya ingin melihat sang anak bahagia dengan pilihan jalan kehidupannya.

"Semua selalu melihatnya menjadi kekurangan. Untuk saya, belum tentu anak seperti itu kekurangan. Buktinya dengan karyanya," tuturnya.

"Tuhan menitipkan anak, berilah kebahagiaan jangan kita aja yang mau bahagia," tutup Reggy Lawalata.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Sep 2020 01:00 WIB

Sejarah Baru, Pilwalkot Semarang Diikuti Calon Tunggal

Pilkada

Pilwalkot Semarang akan diikuti calon tunggal untuk pertama kalinya.

24 Sep 2020 00:43 WIB

Penangguhan Penahanan, Vicky Prasetyo Bayar Jaminan Rp200 Juta

Gosip Artis

Kebebasan Vicky Prasetyo tidak gratis. Dia bayar uang jaminan Rp200 juta.

24 Sep 2020 00:14 WIB

Masker Kain Standar SNI untuk Lawan Covid-19

Nasional

Masker kain untuk lawan Covid-19 harus berstandar SNI.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...