Desa Kuno Lebih Tua dari Piramida Mesir Ditemukan di Sungai Nil

03 Sep 2018 12:29 Warta Bumi

Sebuah desa tertua yang berasal dari zaman Neolitikum ditemukan para arkeolog berada di sekitar delta Sungai Nil, Mesir.

Desa kuno ini ditemukan tim gabungan dari Mesir dan Prancis setelah mereka berhasil mengidentivikasi reruntuhan beberapa lumbung penyimpanan besar untuk menampung hewan ternak dan tanaman, juga tembikar dan perkakas dari batu.

Kementerian Barang Antik, dilansir Antara, Senin 3 September 2018, mengatakan bahwa temuan ini merupakan bukti keberadaan manusia di daerah yang subur Tell al-Samara, di provinsi bagian utara El-Dakahlia, sekitar abad kelima Sebelum Masehi.

Desa ini bahkan lebih tua dari piramida tertua yang ada di Mesir.

"Menganalisis material biologis yang ditemukan, memberikan gambaran yang jelas mengenai masyarakat pertama yang tinggal di Delta dan asal muasal agrikultur dan pertanian di Mesir," kata Nadia Khedr, seorang pejabat kementerian yang bertanggung jawab untuk peninggalan Mesir, Yunani dan Romawi di Mediterania.

Metode pertanian zaman Neolitikum yang berbasis hujan mungkin memiliki petunjuk penting terhadap teknologi irigasi di sepanjang sungai Nil. (ant)

Reporter/Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini