Panitia melakukan rapat koordinasi terakhir di Hotel Quest, Surabaya, Minggu 9 Februari 2020. (Foto: Fariz/ngopibareng.id)

Duel Klasik Persebaya vs Persik Buka Piala Gubernur Jatim 2020

Liga Indonesia 09 February 2020 13:52 WIB

Gelaran Piala Gubernur Jawa Timur 2020 akan segera berlangsung. Gelaran itu akan dibuka dari Grup A dengan duel klasik antara Persebaya Surabaya melawan Persik Kediri di Stadion Gelora Bangkalan, Senin 10 Februari 2020. Setelah itu, tuan rumah Madura United akan menghadapi Bhayangkara FC pada pukul 18.30 WIB.

“Fix laga Persebaya vs Persik akan menjadi pembuka turnamen Piala Gubernur Jatim 2020 ini. Dan semua pertandingan akan disiarkan secara langsung oleh MNC TV,” terang Ketua Asosiasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Jatim, Ahmad Riyadh UB, Sabtu 8 Februari 2020.

Sementara itu, di Grup B terdiri dari Arema FC, Persija Jakarta, Persela Lamongan, dan Sabah FA (Malaysia), grup B ini akan bermain di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Riyadh menjelaskan, disiarkannya secara langsung ajang ini adalah untuk menunjukkan bahwa Asprov PSSI Jatim masih serius melakukan pembinaan sekaligus menunjukkan turnamen ini ajang bergengsi karena diikuti tim-tim elit dan satu tim dari luar negeri.

Sebagai turnamen pramusim, penyelenggaraan Piala Gubernur Jatim sudah digelar sejak 2002, dengan klub-klub elit sebagai pesertanya. Bahkan, kendati gelaran ini selalu tidak menyediakan hadiah besar karena keutamaannya adalah pembinaan.

"Turnamen ini digelar sejak 2002, sempat tidak digelar pada 2011 karena saat itu ada dualisme PSSI, kemudian terhenti pada 2015 karena adanya Piala Presiden, jadi sudah lebih dari 15 tahun turnamen ini digelar. Kami tidak pernah menyediakan hadiah besar, kemudian tim elit di Indonesia dan luar negeri kami undang, mereka bersedia ikut. Ini menandakan bahwa turnamen Piala Gubernur Jatim ini sangat penting sebagai ajang pramusim," papar Riyadh.

Sementara itu, Sekretaris PSSI Jatum, Amir Burhanuddin menyampaikan, bisa kembali menggelar turnamen pramusim sejak 2002 hingga sekarang itu sudah sangat luar biasa.

"Ini menandakan gengsi turnamen ini bukan dari hadiahnya, tapi tim-tim yang berpartisipasi inilah yang menjadikan turnamen ini sangat bermanfaat. Setelah vakum lama semoga Piala Gubernur Jatim 2020 ini menjadi hiburan yang berkualitas bagi seluruh stakeholder persepakbolaan di Jawa Timur dan Indonesia, selain itu semoga turnamen ini juga menjadi laga pramusim berkualitas yang bisa dimanfaatkan tim-tim sebelum berlaga di kompetisi Liga 1 nanti,” ujar Amir.

Benar saja, setidaknya Sekretaris Tim Arema FC, Sudarmaji, mengaku bahwa nominal hadiah bukanlah hal terpenting bagi timnya. Karena bisa berujicoba lawan tim-tim berkualitas adalah esensi dari keikutsertaan Singo Edan.

"Untuk turnamen pramusim, hadiah itu tidak penting. Yang penting di Piala Gubernur ini kami mendapat lawan-lawan berkualitas untuk uji coba, dan ini kami dapatkan di Piala Gubernur, karena akhir Februari kami sudah berkompetisi. Dan, saya pikir tim-tim lain juga sama dengan Arema FC, penting uji coba lawan tim berkualitas dibandingkan hadiah," tegas Sudarmaji.

Di tempat terpisah, manajer Persik Kediri, Benny Kurniawan, mengatakan Persik butuh uji coba yang berkualitas agar bisa membaca kekuatan dan kelemahan di Liga 1 nanti.

"Kami tim promosi, harus bisa mengukur kekuatan dan kelemahan. Piala Gubernur ini jadi ajang uji coba yang pas, karena semua lawan berkualitas. Kami satu grup dengan Madura United, Persebaya, dan Bhayangkara FC, ini lawan baik untuk ujicoba tim Persik. Jumlah hadiah gak penting, kami main di Bangkalan semua ditanggung panitia, itu sudah sangat cukup," pungkas Benny.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Sep 2020 06:33 WIB

Menjadikan Putra Meraih Ilmu Penuh Berkah, Ini Resepnya

Khazanah

Sesuai pesan wasiat KH Maimoen Zubair, Pesantren Al-Anwar Sarang Rembang

26 Sep 2020 05:25 WIB

LIPI Sebut Jawa Berpotensi Gempa dan Tsunami Raksasa

Warta Bumi

Lempeng 800 Km di selatan Jawa bergeser akan timbulkan gempa magnitudo 9.

26 Sep 2020 04:33 WIB

Pejabat Tinggi Tahta Suci Vatikan Mengaku Dipaksa Mundur

Internasional

Cardinal Giovanni Becciu mundur dari jabatannya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...