Ruang isolasi RSUD Blambangan. Di ruangan ini saat ini R diobservasi (foto: Hujaini/ngipibareng.id)

Demam Usai Liburan di Singapura, Warga Banyuwangi Diobservasi

Jawa Timur 17 February 2020 18:37 WIB

Seorang warga Banyuwangi, R, 23 tahun, menjalani observasi di ruang isolasi RSUD Blambangan. Perempuan warga Rogojampi, Banyuwangi, ini diketahui mengalami nyeri tenggorokan dan demam, sehari setelah pulang dari liburan di Singapura.

Informasi yang berhasil dihimpun, R pulang dari Singapura pada 12 Februari 2020. Sehari setelah itu dia demam. Pada 15 Februari 2020, dia kembali demam. Awalnya perempuan ini datang ke rumah sakit swasta, namun akhirnya dirujuk ke RSUD Blambangan sejak Minggu, 16 Februari 2020.

"Dia dirawat di sini mulai kemarin siang," kata perawat yang menangani R, Risdianto Kusumaningrum, 33 tahun, Senin, 17 Februari 2020.

Rencananya, pihak rumah sakit akan mengambil sampel darah R. Sampel darah itu kemudian akan dikirim ke Surabaya untuk di tes kultur darahnya.

"Sekitar semingguan hasil tes kultur darah baru keluar," jelasnya.

Saat ini kondisi R secara fisik sehat. Dia dalam kondisi kesadaran penuh dan bisa mobilisasi. "Sekarang suhu tubuhnya sudah normal," jelasnya.

Sebelumnya, RSUD Blambangan telah menyiapkan ruang isolasi khusus bila ada rujukan suspect terjangkit virus ini. Petugas medisnya juga telah disiapkan.

Direktur RSUD Blambangan Indah Lestari menyebut telah menyiapkan satu ruangan isolasi yang berisi empat bed. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Puskesmas. Bila terjadi kasus, maka akan langsung dirujuk dan ditangani.

“Kita saat ini juga telah mendapat tambahan dokter spesialis, yang dapat membantu untuk menangani wabah ini,” katanya, dikutip dari Ngopibareng.id.

Sebelumnya RSUD Blambangan telah memiliki pengalaman menangani kasus infeksi menular, seperti MERS dan SARS beberapa saat lalu.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Jul 2020 15:55 WIB

Jokowi Minta Capaja TNI-Polri Melek Teknologi

Nasional

Dunia berubah dengan cepat ditandai dengan disrupsi teknologi yang telah

08 Jul 2020 15:37 WIB

Karyawan Terindikasi Covid, BRI Kota Malang Buka Seperti Biasa

Jawa Timur

Sekitar 70 persen karyawannya menjalani kerja di rumah

08 Jul 2020 15:24 WIB

Rapid Test Peserta UTBK Ditukar Mendadak, Ini Penjelasan Unair

Pendidikan

Unair mengaku hasil rapid test berubah setelah 30 menit.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...