Delegasi Tingkat Tinggi Korsel Temui Kim Jong Un

06 Sep 2018 10:33 Internasional

Delegasi tingkat tinggi Korea Selatan bertemu dengan Kim Jong Un di Pyongyang, Rabu 5 Sepatember 2018. Pertemuan ini sekaligus bagian dari rencana konferensi tingkat tinggi dengan pemimpin Korea Utara untuk memecahkan kebuntuan dalam perundingan denuklirisasi.

Utusan khusus Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Chung Eui-yong, yang memimpin delegasi lima anggota, sebelumnya mengatakan dia akan membahas cara untuk mewujudkan "denuklirisasi sepenuhnya" semenanjung Korea dan membangun perdamaian yang bertahan lama.

"Pertemu dengan Pemimpin Kim Jong Un dan menyampaikan surat pribadi (dari Moon) dan bertukar pandangan," kata seorang juru bicara kantor kepresidenan di Seoul.

Delegasi itu pulang ke Seoul setelah menghadiri jamuan makan malam, tetapi Chung dan pejabat lainnya menolak berbicara kepada media.

Detail tentang kunjungan mereka akan disampaikan dalam konferensi pers pada Kamis, kata kantor Moon.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Kim mencapai kesepakatan yang tidak jelas dalam konferensi tingkat tinggi bersejarah pada Juni untuk mengupayakan denuklirisasi semenanjung Korea, tapi tidak ada kemajuan signifikan sejak saat itu.

Perundingan menemui jalan buntu bulan lalu ketika Trump tiba-tiba membatalkan kunjungan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo ke Korea Utara, dengan alasan kurangnya kemajuan.

Menurut pernyataan, tujuan kunjungan delegasi Korea Selatan ke Pyongyang yaitu untuk merampungkan detail mengenai konferensi tingkat tinggi ketiga antara pemimpin kedua Korea, yang dijadwalkan berlangsung pada bulan ini.

Namun, para pengamat mengatakan surat pribadi Moon kepada Kim kemungkinan proposal yang bertujuan untuk memecahkan kebuntuan denuklirisasi.(ant)

Reporter/Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini